ATHAR AL QUDRAH ‘ALA QIRA’AT AL QUR’AN FI AL QUDRAH ‘ALA TA’ALLUM AL LUGHAT AL ‘ARABIYYAH FI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

GUNANTA , NIM. 95423111 (2002) ATHAR AL QUDRAH ‘ALA QIRA’AT AL QUR’AN FI AL QUDRAH ‘ALA TA’ALLUM AL LUGHAT AL ‘ARABIYYAH FI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Fak. Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (ATHAR AL QUDRAH ‘ALA QIRA’AT AL QUR’AN FI AL QUDRAH ‘ALA TA’ALLUM AL LUGHAT AL ‘ARABIYYAH FI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ATHAR AL QUDRAH ‘ALA QIRA’AT AL QUR’AN FI AL QUDRAH ‘ALA TA’ALLUM AL LUGHAT AL ‘ARABIYYAH FI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sudah dimaklumi bahwa secara historis anak-anak Indonesia di Jawa dan Madura belajar membaca al-Qur’an namun mereka tidak tahu maknanya dan tidak bisa membaca kitab-kitab agama yang berbahasa Arab. Manakala seseorang belajar bahasa seperti bahasa kedua atau bahasa asingmaka pasti dia akan menemui kesulitan atau hambatan baik yang bersifat kebahasaan maupun non kebahasaan. Kesulitan bahasa berkaitan dengan masalah dialek, saraf, nahwu, penulisan dan sebagainya. Adapun kesulitan non kebahasaan berkaitan dengan istilah-istilah, contoh-contoh, nama-nama benda, dan masalah-masalah yang berkaitan dengan budaya masyarakat tempat berkembangnya masyarakat tersebut. Tulisan ini mengkaji masalah kemampuan/kompetensi membaca al Qur’an dan pengaruhnya terhadap kompetensi mempelajari Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ngemplak Sleman Yogyakarta. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi para siswa dalam membaca al-Qur’an dari segi ilmu tajwid di MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab dari segi kaidah-kaidah Bahasa Arab, dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap kemampuan belajar Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penentuan subyek dilakukan dengan metode populasi dan metode cluster random sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Analisa data dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan antara lain: 1. Kemampuan membaca al-Qur’an dan kemampuan belajar Bahasa Arab di MTsN Ngemplak Sleman mempunyai hubungan yang signifikan. 2. Siswa yang telah mempunyai kompetensi dalam belajar al-Qur’an mempunyai pengaruh yang besar dan signifikan terhadap kesuksesan mempelajari Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Bahasa Arab, pendidikan Bahasa Arab, MTs Ngemplak Sleman
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 02 May 2014 18:41
Last Modified: 29 Mar 2017 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12345

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum