UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGNONGKO SLEMAN

UNI KHULSUM , NIM. 09480107 (2014) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGNONGKO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGNONGKO SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGNONGKO SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

UNI KHULSUM “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Karangnongko Sleman”. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa motivasi merupakan salah satu faktor internal yang turut mempengaruhi keberhasilan siswa, dengan adanya motivasi di dalam dirinya akan timbul kegiatan belajar, siswa dengan motivasi yang besar akan dapat melaksanakan semua kegiatan belajarnya dengan sungguhsungguh, siswa kelas V B MI Al Huda Karangnongko Sleman kurang termotivasi khususnya pada mata pelajaran SKI dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran tidak menarik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar SKI siswa kelas V B MI Al Huda Karangnongko Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran SKI di kelas V B, dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar SKI, serta kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MI Al Huda Karangnongko Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah orang-orang yang mengetahui, berkaitan dan menjadi pelaku dari suatu kegiatan yang diharapkan dapat memberikan informasi, sedangkan pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data yaitu : membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut di tarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran, upaya-upaya dan kendala-kendala yang di hadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V B MI Al Huda Karangnongko Sleman. Dalam proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik, di dalam pelaksanaan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat silabus dan RPP. Adapun upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar diantaranya; menjelaskan tujuan belajar ke siswa, membangkitkan minat siswa, menggunakan metode yang bervariasi, menyemangati siswa agar rajin belajar, menciptakan suasana senang dan semangat untuk belajar SKI, menciptakan suasana senang tidak tegang, budaya takut dan malu-malu dalam proses belajar mengajar, menumbuhkan dan mengembangkan perasaan ingin tahu pada diri siswa. Serta kendala-kendala yang dihadapi yaitu kurangnya alokasi waktu, kurangnya motivasi belajar, kemampuan siswa yang berbeda-beda, tidak semua siswa mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Siti Johariyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 May 2014 08:17
Last Modified: 28 Feb 2017 06:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item