HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

HODIJAH - NIM. 03440416, (2008) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah siswa dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar kimia siswa kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008, jika salah satu faktor dikendalikan secara statistik maupun secara bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta dengan jumlah siswa sebanyak 97 anak. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, berdasarkan pertimbangan guru kimia srta kelas tersebut mempunyai nilai rerata kimia yang hampir sama, yaitu kelas VIIIA (32 siswa) dan VIII C (33 siswa). Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket lingkungan sekolah siswa, angket kemandirian belajar siswa dan soal prestasi belajar kimia. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah siswa dengan prestasi belajar kimia siswa jika kemandirian belajar dikendalikan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,2956 (p = 0,013) dan sumbangan efektif sebesar 7,432%. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar kimia siswa jika lingkungan sekolah siswa dikendalikan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,321 (p = 0,007) dan sumbangan efektif sebesar 15,371% serta sumbangan relatif sebesar 67,407%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah siswa dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar kimia siswa kelas VIII semester I SMP Muhammdiyah 8 Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008 dengan persamaan garis regresi Y = 0,054642 X1 + 0,049951 X2 + 4,738152 serta harga koefisien korelasi dua prediktor sebesar 0,478 dan Fhitung sebesar 9,157 (p = 0,001), dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel (3,145) pada taraf signifikan 5% dengan db 2 lawan 62.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing I : /b Dra. Nurrohmah, b Pembimbing II : /b Nina Hamidah, S.Si, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, lingkungan sekolah
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item