MOTIVASI AKTUALISASI DIRI PENYANDANG TUNANETRA DEWASA (Studi Kasus Pada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Kota Yogyakarta)

NOORYANI IRMAWATI, NIM. 06220005 (2013) MOTIVASI AKTUALISASI DIRI PENYANDANG TUNANETRA DEWASA (Studi Kasus Pada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI AKTUALISASI DIRI PENYANDANG TUNANETRA DEWASA (Studi Kasus Pada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Kota Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI AKTUALISASI DIRI PENYANDANG TUNANETRA DEWASA (Studi Kasus Pada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Kota Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang motivasi aktualisasi diri penyandang tunanetra dewasa (Studi Kasus Pada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Kota Yogyakarta). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti, untuk mendapatkan data-data yang relevan. Sumber data penelitian ini adalah subjek pertama yaitu Firman Salsabila mengalami tunanetra pada usia dewasa. Dan Firman mempunyai semangat yang tinggi untuk mengaktualisasikan dirinya. Subyek kedua yaitu Dwi Nugroho. Dwi juga mengalami tunanetra pada usia dewasa. Atas dukungan, dorongan dan motivasi dari orang lain, keluarga, dan dirinya sendiri, maka Dwi bisa bangkit dan mengaktualisasikan dirinya ke dalam kegiatan sehari-hari. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif yaitu mengelola data dan melaporkan apa yang telah diperoleh secara penelitian berlangsung dengan cermat dan teliti, serta memberikan interpretasi terhadap data itu kedalam suatu kebulatan yang utuh dengan menggunakan kata-kata sehingga dapat menggambarkan obyek penelitian saat dilakukannya penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa walaupun mengalami ketunanetraannya pada usia dewasa, motivasi selalu berkobar, dan ada pondasi untuk melakukan kegiatan seperti sedia kala. Keyword: Motivasi dan Aktualisasi, Dewasa, Penyandang Tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi dan Aktualisasi, Dewasa, Penyandang Tunanetra
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2014 08:07
Last Modified: 04 Nov 2015 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum