PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK EVALUASI PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Kasus Penelitian Eksperimen Semu Pada Siswa Kelas VII MTs. Ma'hadul Mutaalimin Ngawi)

KUNI AMANATI - NIM. 03450441, (2008) PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK EVALUASI PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Kasus Penelitian Eksperimen Semu Pada Siswa Kelas VII MTs. Ma'hadul Mutaalimin Ngawi). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Mengetahui kemampuan kognitif C2 pada siswa dengan penilaian portofolio. 2) Mengetahui kemampuan kognitif C2 pada siswa dengan penilaian portofolio disertai dengan pemberian umpan balik. 3) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan kognitif C2 pada siswa dengan penilaian portofolio tanpa umpan balik dengan penilaian portofolio disertai pemberian umpan balik. Desain yang diguanakan dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan populasi semua siswa kelas VII MTs. Ma'hadul Muta'allimin Ngawi dengan sampel diambil secara acak, yaitu dengan jalan pengundian sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIA (sebagai kelas Eksperimen) dan kelas VIIB (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data dengan menggunakan lembar soal pretest dan postest. Analisis data untuk mengukur prestasi belajar kognitif biologi dengan menggunakan uji t berpasangan. Sebelum dilakukan uji t berpasangan terlebih dahulu dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil analisis uji prasarat menunjukkan data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil pretest dan postest kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol sebesar 3,48 dan untuk kelas eksperimen sebesar 3,09 sedangkan untuk nilai postest didapatkan nilai ratarata untuk kelas kontrol sebesar 6,078 dan untuk kelas eksperimen sebesar 7,06. Hasil analisis uji t berpasangan menunjukkan hasil yang signifikan dengan harga t hitung 0,1443 lebih kecil dari harga t tabel (1,671) pada tingkat signifikansi amp;#940; 1% dengan kriteria pengujian H0 diterima jika -t amp;#940; (t table) amp;#8804; t0 amp;#8804; t amp;#940;/2. Dengan demikian hasil uji t berpasangan memberikan kesimpulan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kognitif C2 pada siswa dengan penilaian portofolio tanpa umpan balik dengan penilaian portofolio disertai pemeberian umpan balik. Pemberian umpan balik pada penilaian portofolio lebih meningkatkan kemampuan kognitif C2 pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Umpan Balik, Portofolio
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item