PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS

YUSUFFIA NUR RAHMAWATI, NIM. 09600024 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis pendidikan karakter menggunakan Adobe Flash CS3 yang berkualitas untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi teorema pythagoras; (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika interaktif berbasis pendidikan karakter menggunakan Adobe Flash CS3 yang berkualitas untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan lima tahap yaitu analisis (analisis kurikulum, analisis materi pembelajaran, analisis teknologi, dan analisis situasi), perencanaan (menyiapkan referensi, penyusunan materi isi media pembelajaran, penyusunan story board media pembelajaran, dan menyiapkan musik dan pengisi suara pada video), pengembangan (membuat komponen-komponen media pembelajaran, membuat media pembelajaran sesuai desain, mengisi tampilan media pembelajaran, kemudian dikemas dalam CD dan divalidasi), implementasi (uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar), dan evaluasi (evaluasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru, dan siswa); (2) Kualitas media pembelajaran interaktif matematika termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dengan persentase keidealan sebesar 99,63%; (3) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran bahwa sebagian besar siswa memberikan respons positif, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 71,07%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Software Adobe Flash CS3, Pendidikan Karakter.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 May 2014 04:22
Last Modified: 27 Jan 2016 03:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item View Item