KOMUNITAS CLAN WUTANG KUNGFU LEGACY ONLINE (Studi Kasus Dampak Positif dan Negatif Game Online dalam Perspektif Kesejahteraan Sosial)

ELGHARORI HADI, NIM. 09250001 (2013) KOMUNITAS CLAN WUTANG KUNGFU LEGACY ONLINE (Studi Kasus Dampak Positif dan Negatif Game Online dalam Perspektif Kesejahteraan Sosial). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMUNITAS CLAN WUTANG KUNGFU LEGACY ONLINE (Studi Kasus Dampak Positif dan Negatif Game Online dalam Perspektif Kesejahteraan Sosial))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KOMUNITAS CLAN WUTANG KUNGFU LEGACY ONLINE (Studi Kasus Dampak Positif dan Negatif Game Online dalam Perspektif Kesejahteraan Sosial))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul ini “Komunitas Clan Wutang Kungfu Legacy Online (Studi Kasus Dampak Positif dan Negatif Game Online dalam Perspektif Kesejahteraan Sosial)”. Ketertarikan penulis untuk meneliti game online karena banyaknya dampak negatif yang timbul karena game online, seperti pembunuhan, pencurian, perampokan dan penelantaran anak. Maka dari itu penulis mengambil salah satu game online di Indonesia yang bernama Kungfu Legacy Online, karena dirasa terlalu luas maka penulis mengerucutkan kembali menjadi clan (komunitas) Wutang, yaitu salah satu clan terbesar di Kungfu Legacy Online. Peneliti mengambil Kungfu Legacy Online sebagai pilihan untuk diteliti karena termasuk game baru di Indonesia, muncul pada akhir tahun 2012. Penelitian ini memfokuskan tentang apa saja dampak positif dan negatif game online di clan Wutang Kungfu Legacy Online dari perspektif Kesejahteraan Sosial dalam konsep keberfungsian sosial, selain itu agar lebih bermanfaat maka penelitian ini ingin mencari formulasi untuk meminimalisir dampak negatif dan menguatkan dampak positif dari game online. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yaitu penelitian berdasarkan data empiris, bersifat deskriptif kualitatif, Informan dipilih dari teknik purposive sampling dari sepuluh anggota clan Wutang yang aktif. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara terbuka dengan melakukan chatting. Sedangkan observasi dilakukan dengan melihat sebagus apa character yang menjadi subyek penelitian, selain itu peneliti juga sering melihat chatting di clan, yang terkadang anggota clan bercerita tentang masalah pribadinya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak negatif game online di clan Wutang Kungfu Legacy Online adalah game online bisa membuat seseorang adiktif, game online bisa membuat seseorang melupakan kehidupan nyata, dan mengesampingkan kesehatan diri sendiri. Sedangkan dampak positif game online adalah seseorang bisa mempunyai banyak teman, game online sebagai hiburan yang di mana hiburan merupakan salah satu kebutuhan non material seseorang dan game online juga bisa menjadi sarana untuk mencari uang. Sedangkan upaya yang harus dilakukan setelah melakukan penelitian adalah (1) gamer harus bisa mengatur manajemen waktu, (2) gamer tidak boleh memprioritaskan game online sebagai prioritas utama dalam hidupnya, (3) gamer harus sering berolah raga agar tidak mudah sakit karena gamer menghabiskan waktu berjam-jam didepan komputer, (4) lingkungan gamer harus sensitif terhadap perubahan perilaku gamer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: M. Izzul Haq, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Game online
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2014 01:06
Last Modified: 21 Oct 2015 01:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item View Item