STANDAR PELAYANAN PEKERJA SOSIAL TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA.

FITRIA KURNIAWATI , NIM. 10250062 (2014) STANDAR PELAYANAN PEKERJA SOSIAL TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STANDAR PELAYANAN PEKERJA SOSIAL TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA.)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text (STANDAR PELAYANAN PEKERJA SOSIAL TERHADAP KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA.)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Fitria Kurniawati, Standar Pelayanan Pekerja Sosial Terhadap Korban Penyalahgunaan Napza di Panti Sosial Pamardi Putra (PSPP) Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan standar pelayanan pekerja sosial dan hasil penerapan standar pelayanan pekerja sosial terhadap korban penyalahgunaan Napza di Panti Sosial Pamardi Putra (PSPP). Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan membantu dalam mencapai tujuan lembaga yaitu menghasilkan residen yang bersih, sehat dan produktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian standar pelayanan pekerja sosial dari awal hingga hasil yang dicapai terhadap korban penyalahgunaan Napza. Dengan subyek utamanya merupakan Korban Penyalahgunaan Napza (residen), kepala panti, pendamping dan pekerja sosial. Kemudian untuk teknik pengumpulan data, yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya dengan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi, mereduksi data dan kemudian menyajikan hasil dengan teknik berfikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rehabilitasi Napza yang dilakukan oleh pekerja sosial di Panti Sosial Pamardi Putra membutuhkan standar pelayanan seperti pendekatan awal, pengungkapan dan pemahaman masalah (Asessment), penyusunan rencana pemecahan masalah, pemecahan masalah, resosialisasi dan terminasi. Hal ini dilakukan, agar dapat memberikan perlindungan terhadap residen dari kesalahan praktik dan membantu residen kembali berfungsi sosial serta dapat bermanfaat bagi masyarakat. Hasil dari penerapan standar pelayanan pekerja sosial tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif bagi residen dilihat dari segi emosi dan psikologis, segi intelektual dan spiritual serta segi keterampilan dan kemandirian residen. Pada prinsipnya perubahan yang mendasar pada diri residen dapat ditunjukkan dengan adanya clean drug, mampu hidup normatif dan mempunyai rasa tanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain. Selain itu, Panti Sosial Pamardi Putra dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan terapi dan rehabilitasi terpadu (One Stop Center) menggunakan metode Therapeutic Community sebagai basic program yang membantu residen untuk recovery.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Lathiful Khuluq, MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Standar Pelayanan Pekerja Sosial, Hasil Penerapan Standar Pelayanan Pekerja Sosial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 May 2014 08:41
Last Modified: 21 Oct 2015 02:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item