KONSEP KECERDASAN SPIRITUAL ISLAMI (Telaah Kritis Konsep Kecerdasan Spiritual Danah Zohar dan Ian Marshal dalam Perspektif Islam)

NINE ADIEN MAULANA , NIM. 98473783 (2002) KONSEP KECERDASAN SPIRITUAL ISLAMI (Telaah Kritis Konsep Kecerdasan Spiritual Danah Zohar dan Ian Marshal dalam Perspektif Islam). Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (KONSEP KECERDASAN SPIRITUAL ISLAMI (Telaah Kritis Konsep Kecerdasan Spiritual Danah Zohar dan Ian Marshal dalam Perspektif Islam))
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KECERDASAN SPIRITUAL ISLAMI (Telaah Kritis Konsep Kecerdasan Spiritual Danah Zohar dan Ian Marshal dalam Perspektif Islam))
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kecerdasan spiritual lebih menekankan pada upaya solutif terhadap segenap kompleks dan permasalahan eksistensialnya, tanpa harus berhubungan dengan agama atau nilai-nilai ilahiyah. Danah Zohar dan Ian Marshall mengakui bahwa manusia adalah makhluk spiritual. Kearifan dalam memaknai dan memberi nilainilai dalam kehidupan inilah yang dipandang Danah Zohar dan Ian Marshall sebagai suatu kecerdasan, yaitu kecerdasan spiritual. Metode Penelitian dalam karya tulis ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research), sehingga untuk memperoleh data dengan menggunakan; 1. Sumber Data: a. Sumber Primer. b. Sumber Sekunder. 2. Metode Analisis Data: a. Induksi. b. Deduksi. c. Komparatif. Kesimpulan; 1. Konsep spiritualitas Islam pada dasarnya adalah proses penyingkapan hakikat manusia, khususnya dalam aspek immaterialnya atau ruhaniyahnya. 2. Danah Zohar dan Ian Marshall belum mampu untuk memberikan solusi yang tercerahkan arti kehampaan spiritual. 3. Konsep kecerdasan spiritual didasarkan pada pandangan kosmologis.. 4. Kecerdasan spiritual belum tepat dikatakan sebagai puncak pencapaian tertinggi dari kesadaran dan kecerdasan serta self. 5. Kecerdasan spiritual tidak mampu memberikan jawaban spiritual atas segala kompleks masyarakat modern. 6. Islam tidak menyangkal adanya kondisi hampa kuantum, namun diatasnya terdapat Dzat Yang menciptakanya, dialah Allah yang Maha Pencipta. 7. Ajaran tasawuf masih merupakan alternative bagi segala kompleks yang disebabkan oleh modernitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep kecerdasan , Spiritual Islami
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 May 2014 18:07
Last Modified: 03 Mar 2017 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12398

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum