PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI SIMPAN PINJAM UNTUK PEREMPUAN (SPP) PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT-MANDIRI PERDESAAN (Studi di Dusun Taskombang, Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah)

DEWI ANGGRAINI, NIM: 09230005 (2013) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI SIMPAN PINJAM UNTUK PEREMPUAN (SPP) PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT-MANDIRI PERDESAAN (Studi di Dusun Taskombang, Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI SIMPAN PINJAM UNTUK PEREMPUAN (SPP) PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT-MANDIRI PERDESAAN (Studi di Dusun Taskombang, Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI SIMPAN PINJAM UNTUK PEREMPUAN (SPP) PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT-MANDIRI PERDESAAN (Studi di Dusun Taskombang, Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (487kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pemberdayaan Perempuan Melalui Simpan Pinjam Untuk Perempuan (SPP) PNPM-Mandiri Perdesaan (Studi di Dusun Taskombang, Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah). Tulisan tersebut dilatar belakangi karena kondisi Indonesia yang masih bergelut dengan masalah kemiskinan, dimana hampir setiap daerah masih mengalami persoalan ini. Tetapi negara tidak tinggal diam, salah satunya dilakukan dengan program PNPM-Mandiri Perdesaan. Didalam PNPMMandiri Perdesaan ada Simpan Pinjam Untuk Perempuan (SPP) yang memberikan bantuan modal usaha bagi perempuan seperti yang terjadi di Dusun Taskombang, Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah). Penulis meneliti apakah program tersebut mampu memberdayakan perempuan atau tidak. Oleh karena latar belakang di atas dapat dirumuskan pokok permasalahan dalam penelitian ini : Pertama, bagaimana bentuk pemberdayaan perempuan melalui program SPP di Dusun Taskombang? Kedua, bagaimana hasil yang dirasakan anggota kelompok SPP di Dusun Taskombang dalam pelaksanaan program tersebut? Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, SPP PNPM-Mandiri Perdesaan di Dusun Taskombang tidak berhasil dalam memberdayakan perempuan meskipun sudah dijalankan pada 3 periode yaitu pada tahun 2010 sampai 2012. Hal ini dikarenakan mudahnya persyaratan pengajuan peminjaman, tidak adanya pendampingan dan pengawasan bagi kelompok SPP, serta tidak adanya pelatihan usaha kepada anggota SPP. Kedua, kelompok SPP Paguyuban Ibu-ibu RT 12 merupakan kelompok yang masih tersisa dari ketiga kelompok SPP yang gagal di Dusun Taskombang. Ketiga, salah satu faktor penyebab dari kegagalan tersebut karena proses pemberdayaan yang digunakan hanya berupa pemberian modal saja, sehingga bantuan modal yang seharusnya untuk usaha banyak yang dimanfaatkan untuk konsumsi. Kata Kunci : Program SPP-PNPM, Pemberdayaan Perempuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: Pajar Hatma Indra Jaya, M. Si
Uncontrolled Keywords: Program SPP-PNPM, Pemberdayaan Perempuan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 01:58
Last Modified: 17 Nov 2015 06:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12403

Actions (login required)

View Item View Item