HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN DISIPLIN SISWA DI MAN GODEAN SLEMAN

DINA BARIYANI, NIM. 09220061 (2013) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN DISIPLIN SISWA DI MAN GODEAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN DISIPLIN SISWA DI MAN GODEAN SLEMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN DISIPLIN SISWA DI MAN GODEAN SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

DINA BARIYANI. Hubungan Antara Pemahaman Tata Tertib Sekolah Dengan Disiplin Siswa di MAN Godean Sleman. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman tata tertib sekolah dengan disiplin siswa di MAN Godean Sleman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif yang signifikan antara pemahaman tata tertib sekolah dengan disiplin siswa, semakin tinggi pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah, maka semakin tinggi pula tingkat disiplin siswa, sebaliknya semakin rendah atau kurang pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah, maka semakin rendah pula disiplin siswa. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu 5 kelas berjumlah 120 siswa yang ada di MAN Godean Sleman. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian dengan menggunakan tehnik stratified cluster random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala disiplin siswa dan skala pemahaman tata tertib sekolah. Analisis data dengan menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson dengan program SPSS 15.00 for Window. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pemahaman tata tertib sekolah dengan disiplin siswa, yang memiliki koefisien korelasi (rxy) = 0,809 dengan p = 0,000 (p ˂ 0,01). Hal ini mengindikasikan semakin tinggi pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah maka semakin tinggi pula tingkat disiplin siswa. Sebaliknya semakin rendah atau kurang pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah, maka semakin rendah pula disiplin siswa. Pemahaman tata tertib sekolah mempengaruhi disiplin siswa sebesar 65,4% yang ditunjukkan dengan R square = 0,654. Peran Guru BK dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah terkait dengan disiplin siswa yaitu: mengawasi siswa, menangani pelanggaran siswa, melakukan pendampingan-pendampingan, mengadakan konferensi kasus dan home visit, dan kerjasama dengan semua pihak sekolah MAN Godean Sleman Kata Kunci : Pemahaman Tata Tertib Sekolah, Disiplin Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: A.Said Hasan Basri, S. Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Tata Tertib Sekolah, Disiplin Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 10:52
Last Modified: 30 Oct 2015 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum