HUBUNGAN MOTIVASI BERIBADAH DENGAN PENGALAMAN BERAGAMA (Studi Pada Peserta Pengajian MTA (Majelis Tafsir Al-qur’an) Cabang Depok Perwakilan DIY)

LU’LU’ TRI NUR ILLAH , NIM. 08220054 (2013) HUBUNGAN MOTIVASI BERIBADAH DENGAN PENGALAMAN BERAGAMA (Studi Pada Peserta Pengajian MTA (Majelis Tafsir Al-qur’an) Cabang Depok Perwakilan DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MOTIVASI BERIBADAH DENGAN PENGALAMAN BERAGAMA (Studi Pada Peserta Pengajian MTA (Majelis Tafsir Al-qur’an) Cabang Depok Perwakilan DIY))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MOTIVASI BERIBADAH DENGAN PENGALAMAN BERAGAMA (Studi Pada Peserta Pengajian MTA (Majelis Tafsir Al-qur’an) Cabang Depok Perwakilan DIY))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara pengalaman beragama dengan motivasi beribadah pada peserta pengajian MTA cabang Maguwoharjo, Depok, Sleman. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengalaman beragama dan variabel terikatnya adalah motivasi beribadah. Populasi dan sampel pada penelitian ini diambil dari peserta pengajian Majelis Tafsir Al-qur’an (MTA) Cabang Depok Perwakilan DIY sejumlah 150 orang dengan sampel sejumlah 70 orang dengan teknik random sampling. Metode analisis datanya menggunakan analisis korelasi product moment dengan angket sebagai metode pengambilan data utama, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pendukung. Product moment digunakan untuk mengetahui adanya hubungan antara pengalaman beragama dengan motivasi beribadah. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara pengalaman beragama dengan motivasi beribadah pasa peserta pengajian Majelis Tafsir Al-qur’an Cabang Depok Perwakilan DIY. Hal ini dibuktikan dengan angka korelasi yang diperoleh yaitu 0,839. Angka ini berada pada interval 0,80 – 1.000 yang menunjukan kategori yang sangat kuat dan angka probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 menunjukan hubungan yang sangat signifikan. Jika pengalaman beragama afektif maka tingkat motivasi beribadah pada peserta semakin tinggi. Kata Kunci: Motivasi Beribadah, Pengalaman Beragama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Beribadah, Pengalaman Beragama
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 10:52
Last Modified: 04 Nov 2015 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12406

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum