PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN JATI DESA WONOKROMO PLERET BANTUL (Studi Implementasi Program Mikrofinance Syariah Berbasis Masyarakat Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid Yogyakarta)

MEGI TULIASTONO PUTRA, NIM. 09230016 (2013) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN JATI DESA WONOKROMO PLERET BANTUL (Studi Implementasi Program Mikrofinance Syariah Berbasis Masyarakat Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN JATI DESA WONOKROMO PLERET BANTUL (Studi Implementasi Program Mikrofinance Syariah Berbasis Masyarakat Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN JATI DESA WONOKROMO PLERET BANTUL (Studi Implementasi Program Mikrofinance Syariah Berbasis Masyarakat Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid Yogyakarta))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang pelaksanaan Misykat oleh DPU-DT Yogyakarta di Jati Desa Wonokromo Kecamatan Pleret. Dalam penelitian ini menjawab tentang bagaimanakah pelaksanaan program Misykat di dusun Jati Desa Wonokromo Pleret? Apa sajakah faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan Misykat di Jati. Dengan diketahuinya pelaksanaan, faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan program tersebut, maka dapat di ukur suatu hasil yang manfaatnya dirasakan oleh lembaga dan masyarakat di Dusun Jati Desa Wonokromo. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Dengan teknik pegumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, dengan sumber data 6 informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program Misykat dalam menerapkan prinsip program pemberdayaan (Misykat) sebagian peserta program memberikan penilaian baik. Karena dalam hal ini pendamping program Misykat melakukan tahapan dalam pelaksanaan program Misykat. tahapan tersebut seperti adanya tahapan sosialisasi, pelaksanaan program, pendampingan, dan monitoring. Karakteristik rumah tangga peserta Misykat sebagian besar tergolong kategori rumah tangga rentan. Hubungan tingkat kemiskinan dengan tingkat pelaksanaan program Misykat tidak memiliki hubungan yang signifikan, karena baik rumah tangga miskin maupun rentan sama-sama merasakan manfaat program Misykat, sehingga adanya penilaian baik terhadap pelaksanaan program Misykat. Hubungan antar tingkat keberdayaan rumah tangga dengan tingkat pelaksanaan program Misykat tidak terdapat hubungan yang signifikan. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Program Misykat dan DPU-DT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sriharini, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Program Misykat dan DPU-DT
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 May 2014 07:55
Last Modified: 17 Nov 2015 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum