MANAJEMEN ORGANISASI PARTAI POLITIK (TELAAH TERHADAP PERSIAPAN PEMILU LEGISLATIF 2014 PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) DEWAN PERWAKILAN WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

MOH. LUDFI, NIM. 08240021 (2013) MANAJEMEN ORGANISASI PARTAI POLITIK (TELAAH TERHADAP PERSIAPAN PEMILU LEGISLATIF 2014 PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) DEWAN PERWAKILAN WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN ORGANISASI PARTAI POLITIK (TELAAH TERHADAP PERSIAPAN PEMILU LEGISLATIF 2014 PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) DEWAN PERWAKILAN WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN ORGANISASI PARTAI POLITIK (TELAAH TERHADAP PERSIAPAN PEMILU LEGISLATIF 2014 PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) DEWAN PERWAKILAN WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (677kB)

Abstract

Indonesia menyelenggarakan pemilu untuk memilih wakil-wakilnya di pemerintahan atau memilih presiden atau wakilnya. Partai politik merupakan salah satu bentuk dari partisipasi politik. Partisipasi politik ini merupakan aspek penting dalam sebuah tatanan negara demokrasi. Demokrasi sebagai suatu sistem politik berupaya untuk memberikan wadah seluas-luasnya kepada rakyat untuk turut berpartisipasi atau ikut serta secara politik dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dimana dalam hal ini partisipasi politik dapat diartikan sebagai kegiatan warga negara yang bertujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan oleh pemerintah. PPP merupakan salah satu partai politik yang konsisten dalam berpartisipasi politik selama perhelatan politik di negeri di mana mas Orde Baru, partai PPP menunjukan tajinya. Berdasarkan pada kondisi tersebut, ada hal yang menarik untuk diteliti lebih jauh yakni bagaimana penerapan manajemen organisasi pada Dewan Perwkilan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Istimewa Yogyakarta dalam persiapan pemilu legislatif 2014? Dari persoalan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field reseacrh). Dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Dari penelitian ini menggunakan 3 informan yang menjadi sumber data utama. Dari hasil yang dideskripsikan dalam penelitian ini, maka dapat ditemukan bahwa kajian strategis rancangan pemenangan pemilu dilihat dari perspektif agama, politik, ekonomi, hukum dan HAM, sosial-kemasyarakatan dan budaya, kesejahteraan masyarakat dan hubungan internasional. Manajemen organisasi partai dalam persiapan pemilu adalah konsolidasi dan penguatan fungsi organisasi, kaderisasi, membangun citra partai, pemberdayaan kaum perempuan, pengembangan jaringan dan basis konstituen, dan mobilisasi sumber dana (Found Raising). Sedangkan untuk strategi pemenangan pemilu yang dilakukan oleh ppp adalah penguatan fungsi kelembagaan, menentukan prioritas program, ideologisasi dalam gerakan partai, silaturrahim sebagai model gerakan, kepemimpinan dan pola pengendalian pelaksanaan program, kerja sama dengan kelompok-kelompok strategis. Dari proses tersebut, maka menghasilkan program pemenangan pemilu 2014 seperti, perencanaan dan persiapan, pemetaan potensi, sosialisasi program, pengelolaan kampanye pemilu, pengawalan pemungutan suara, dan pengawalan dan pengamanan hasil pemungutan suara. Kata Kunci: Manajemen, Organisasi dan Partai Politik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Muhammad, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Organisasi dan Partai Politik
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 May 2014 07:55
Last Modified: 07 Dec 2015 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12413

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum