MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENYULUH AGAMA ISLAM FUNGSIONAL MAJELIS AGAMA ISLAM PROPINSI PATANI (THAILAND SELATAN)

MR.AMIR HAMA, NIM 11240110 (2013) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENYULUH AGAMA ISLAM FUNGSIONAL MAJELIS AGAMA ISLAM PROPINSI PATANI (THAILAND SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENYULUH AGAMA ISLAM FUNGSIONAL MAJELIS AGAMA ISLAM PROPINSI PATANI (THAILAND SELATAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENYULUH AGAMA ISLAM FUNGSIONAL MAJELIS AGAMA ISLAM PROPINSI PATANI (THAILAND SELATAN))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB)

Abstract

Penyuluh Agama Islam adalah bagian dari sumber daya manusia yang ada di Majelis Agama Islam Propinsi Patani Selatan Thailand. Sebagai asset penting untuk menunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan yaitu terciptanya kehidupan beragama yang toleran, dibutuhkan suatu manajemen yang baik guna mengelola sumber daya tersebut. Dimana saat ini tantangan penyuluh semakin berat dengan banyak bermunculnya pemahaman agama yang dapat menimbulkan perpecahan. Penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif-kualitatif. Data diambil dengan menggunakan tehnik wawancara, dokumentasi dan observasi, selanjutnya di analisis secara deskriptif analitis dengan menggunakan metode triangulasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen sumber daya manusia di Majelis Agama Islam Propinsi Patani Thailand Selatan, meliputi: perencanaan sumber daya manusia, perekrutan pegawai, seleksi, penermpatan tenaga kerja, sosialisasi atau orientasi, pelatihan dan pengembangan, kinerja dan penilaian prestasi kerja, pemberian balas jasa atau kompensasi, dan pengembangan karir. Hasil penelitian ini mendapatkan sebuah kesimpulan, penerapan manajemen surnber daya manusia penyuluh Agama Islam fungsional di Majelis Agama Islam Propinsi Patani Thailand Selatan. Mulai dari perencanaan sampai dengan pengembangan karir secara keseluruhan dapat dikatakan sudah cukup efektif sesuai konsep-konsep manajemen sumber daya manusia, ini antara lain dapat dilihat dari indikator subyek atau penyuluh yang telah mengetahui tugas dan fungsinya dengan baik. Adapun proses yang manajemen sumber daya manusia yang memungkinkan untuk dilaksanakan penambahan yaitu, dalam tahapan seleksi pegawai perlu dilakukan wawancara, serta meningkatkan proses pelatihan dan pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H.Okrisal Eka Putra, Lc. M.Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen, sumber daya manusia, penyuluh
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 07:33
Last Modified: 07 Dec 2015 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12414

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum