METODE DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR MELALUI PROGRAM SEKOLAH PASAR DI PASAR KRANGGAN YOGYAKARTA

SISKHA NOVIARTI, NIM. 09230026 (2013) METODE DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR MELALUI PROGRAM SEKOLAH PASAR DI PASAR KRANGGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR MELALUI PROGRAM SEKOLAH PASAR DI PASAR KRANGGAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img] Text (METODE DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR MELALUI PROGRAM SEKOLAH PASAR DI PASAR KRANGGAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pasar tradisional merupakan tumpuan rakyat dalam menjual produksi lokal dan penyedia segala macam kebutuhan masyarakat sehari-hari. Namun hal ini mulai tergeser dengan maraknya pasar modern yang hadir ditengah-tengah masyarakat di Yogyakarta. Akibatnya pedagang pasar tradisional dituntut untuk melakukan perubahan kearah yang lebih maju, agar tidak hilang ditelan perubahan. Berdasarkan alasan tersebut PUSTEK UGM mendirikan Sekolah Pasar untuk membantu memberdayakan para pelaku pasar tradisional yang dilakukan di Pasar Kranggan. Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini dilakukan melalui metodologi penelitian (field research) yang bersifat kualitatif. Sebab peneliti ingin mengetahui bagaimana proses pembentukan program Sekolah Pasar, bagaimana pelaksanaan metode pemberdayaan yang digunakan dalam program Sekolah Pasar di Pasar Kranggan dan apa dampak program Sekolah Pasar bagi pedagang pasar khusunya peserta Sekolah Pasar di Pasar Kranggan. Maka untuk mendapatkan kelengkapan data dan informasi tentang penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembentukan Program Sekolah Pasar tersebut melalui proses: pengenalan program, penyadaran pedagang, pembentukan pengurus Sekolah Pasar, kurikulum kelas pasar dan respon pedagang terhadap program. Adapun metode pemberdayaan program Sekolah Pasar dilaksanakn melalui: diskusi kelas pasar dan pendampingan pedagang melalui klinik pasar. Selanjutnya, dampak Sekolah Pasar dapat meningkatan kualitas SDM (pengetahuan) bagi pedagang. Meskipun hal itu tidak dipandang penting oleh bagi beberapa pedagang sehingga jumlah peminat menyusut dari waktu kewaktu karena kurangnya komunikasi dari pedagang dan pihak penyelenggara Sekolah Pasar (PUSTEK). Kata kunci: Pemberdayaan, pedagang, pasar tradisional, sekolah pasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, pedagang, pasar tradisional, sekolah pasar
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 00:33
Last Modified: 17 Nov 2015 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item