IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

ZAKIYATUN NISA’, NIM. 09220013 (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah masing-masing siswa mempunyai bakat yang perlu dikembangkan baik berupa dukungan dari sekolah, orangtua, maupun dari lingkungan sekitar dimana anak tinggal. Atas dasar itulah siswa tersebut perlu mengembangkan life skill (kecakapan hidup) dalam lembaga sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah diperlukannya wadah untuk menyalurkan bakat siswa yang memberi manfaat menjadi pribadi yang mandiri, kreatif serta siap menjalani hidup manghadapi perannya dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana proses pelaksanaan program layanan life skill yang meliputi praktek serta hasil yang diperoleh siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memilih data yang diperlukan dan membuang data yang tidak diperlukan, selanjutnya data yang ada disajikan dalam bentuk uraian naratif, dan dari uraian tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Dalam pelaksanaan kegiatan program layanan life skill di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan meliputi keterampilan tangan (handycraft), tata busana, teknisi komputer, teknisi handphone, presenter dan fotografi. 2. Hasil dengan siswa mengikuti life skill mereka lebih mandiri serta mampu menumbuhkan jiwa usaha dari pengalaman prakteknya. Meskipun ada siswa yang terlihat benar-benar aktif dan tekun mengikuti praktek yang ditugaskan oleh guru dan ada juga siswa yang terlihat kurang aktif dan cenderung hanya mengobrol dengan teman sebelahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: life skill
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 May 2014 07:33
Last Modified: 10 Nov 2015 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12418

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum