RESPON PETANI TERHADAP PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI DI DUSUN MALIYAN-MARON, KELURAHAN SIDOREJO, KECAMATAN TEMANGGUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG

FATAH ACHMAD AZIS , NIM. 09720003 (2013) RESPON PETANI TERHADAP PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI DI DUSUN MALIYAN-MARON, KELURAHAN SIDOREJO, KECAMATAN TEMANGGUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RESPON PETANI TERHADAP PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI DI DUSUN MALIYAN-MARON, KELURAHAN SIDOREJO, KECAMATAN TEMANGGUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text (RESPON PETANI TERHADAP PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI DI DUSUN MALIYAN-MARON, KELURAHAN SIDOREJO, KECAMATAN TEMANGGUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Temanggung dalam mengembangkan usaha tani berupaya membentuk kelompok tani di setiap wilayah kecamatan, desa/kelurahan, termasuk di wilayah kelurahan Sidorejo. Kelompok tani ini bertujuan agar proses pemberian bantuan lebih terkoordinir dan tepat sasaran, serta mempermudah proses pembinaan. Setiap petani dalam suatu desa/kelurahan diharapkan tergabung dalam kelompok tani yang dibentuk tersebut. Selain sebagai media penyaluran bantuan, kelompok tani di kelurahan Sidorejo, khususnya di kelompok tani dusun Maliyan- Maron juga berfungsi sebagai media untuk memperoleh tanah garapan melalui lelang eks tanah bengkok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon petani terhadap pembentukan kelompok tani di dusun Maliyan-Maron, kelurahan Sidorejo, kecamatan Temanggung, kabupaten Temanggung disertai faktor yang melatarbelakangi respon petani tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi informasi atau media bagi para petani dalam mengikuti program pertanian atau program yang berkaitan dengan kelompok tani. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif berdasarkan data lapangan dengan metode analisis deskriptif - kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah penelitian adalah teori interaksi simbolik Herbert Blumer. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam (dept interview) dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan cara menganalisis keseluruhan data, memilih dan memusatkan data yang didapat dari hasil wawancara dan dokumen dengan membuat penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang muncul dari hasil wawancara dan dokumentasi di lapangan kemudian menarik kesimpulan dari data yang didapat di lapangan. Hasil penelitian ini, respon petani terhadap pembentukan kelompok tani di dusun Maliyan-Maron ini adalah respon positif dan negatif. Respon positif pada petani di dusun Maliyan dikarenakan inisiatif petani untuk mengikuti jejak keberhasilan petani di daerah lain dengan membentuk kelompok, sedangkan pada petani di dusun Maron dikarenakan para petani dapat mengelola eks tanah bengkok secara merata. Respon negatif terhadap pembentukan kelompok tani dikarenakan petani mempunyai modal yang cukup serta tidak berprofesi utama sebagai petani, menyewakan sawah yang dimiliki dan memilih bekerja pada sektor lain. Faktor yang melatarbelakangi respon petani tersebut ada 2, pertama yaitu faktor yang melatarbelakangi respon positif antara lain adalah: sewa lahan eks bengkok organisasi, paguyuban, rasa ingin maju, peduli pada keadaan diri sendiri, silahturahmi, peningkatan nilai kerohanian dan faktor pilihan. Kedua, faktor yang melatarbelakangi respon negatif adalah tidak mempunyai waktu utnuk ikut dalam kegiatan kelompok dan terbatasnya lahan eks tanah bengkok yang disewakan/lelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sulistyaningsih S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: respon petani, kelompok tani
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 May 2014 02:12
Last Modified: 29 Dec 2015 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

View Item View Item