PERAN MODAL SOSIAL DALAM PEMULIHAN TATANAN SOSIAL DAN EKONOMI PASKA ERUPSI MERAPI 2010 (STUDI DI : DUSUN DELES, KELURAHAN SIDOREJO, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH)

IRHAM WIDA PERWIRA , NIM. 07720004 (2013) PERAN MODAL SOSIAL DALAM PEMULIHAN TATANAN SOSIAL DAN EKONOMI PASKA ERUPSI MERAPI 2010 (STUDI DI : DUSUN DELES, KELURAHAN SIDOREJO, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN MODAL SOSIAL DALAM PEMULIHAN TATANAN SOSIAL DAN EKONOMI PASKA ERUPSI MERAPI 2010 (STUDI DI : DUSUN DELES, KELURAHAN SIDOREJO, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text (PERAN MODAL SOSIAL DALAM PEMULIHAN TATANAN SOSIAL DAN EKONOMI PASKA ERUPSI MERAPI 2010 (STUDI DI : DUSUN DELES, KELURAHAN SIDOREJO, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bencana yang terjadi di Indonesia sangatlah kompleks, ada dua macam bencana : bencana alam dan bencana sosial. Bencana alam, meliputi bencana tsunami, banjir, gunung meletus, gempa bumi dan banjir. Bencana sosial seperti : kelaparan, kecelakaan, tawuran pelajar, pembunuhan, penganiyayaan, dan bunuh diri. Dalam pengkajian disini peneliti mempelajari mengenai bencana alam, yakni bencana Erupsi Merapi (Gunungapi Meletus). Ada beberapa hal yang harus diteliti mengenai kebencanaan tersebut. salah satunya, tindakan sosial dan ekonomi paska erupsi bencana tersebut saling mempengaruhi dalam proses mitigasi (pengurangan) dan recovery (pemulihan). Pada 2006 sampai 2010 masyarakat Deles memulai berkegiatan sosial dan ekonomi untuk membangun masyarakat yang lebih tangguh dan inovatif untuk mengantisipasi ancaman kebencanaan yang setiap saat bisa mengancam hajat hidup orang banyak dan bahkan lingkungan yang ditempatinya. Mengenai itu semua sebagai seorang peneliti tentu mencoba dalam mengelaborasi sebuah permasalahan tatanan sosial dan peningkatan ekonomi dengan teori modal sosial (social capital) John Field. Sebagaimana teori tersebut sebagai solusi dalam menyikapi permasalahan yang ada di masyarakat Dusun Deles. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih mendalam, mengenai kegiatan sosial dan ekonomi paska erupsi merapi 2010. Secara geografis terletak di Dusun Deles, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian yang dilakukan di Dusun Deles lebih cenderung kepada kehidupan sosial masyarakat serta peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Deles. Sasaran penelitian dini melibatkan banyak narasumber untuk menggali lebih luas dan mendalam dalam penggalian data. Data yang akan di gali tentu harus mempertimbangkan mengenai aspek teori yang dipakai yakni teorinya John Field mengenai Modal Sosial, yang didalamnya terdapat empat element dalam membahas sebuah permasalahan sosial pertama jaringan, kedua Kebijakan, ketiga Aktor, keempat Percaya. Tatanan sosial dan peningkatan ekonomi yang terdapat di Dusun Deles yakni mengenai organisasi masyarakat setempat, seperti ; Radio Komunitas Lintas Merapi (RKLM), Kelompok Tani Ngudi Rukun I, Ibu PKK Deles, Komunitas Kancing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Ambar Sari Dewi, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : modal sosial, erupsi merapi, pengetahuan sosial dan kebudayaan Local
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 May 2014 09:18
Last Modified: 29 Dec 2015 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12424

Actions (login required)

View Item View Item