ANALISIS WACANA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MEDIA ONLINE

MAFTUHAH - NIM. 02431322, (2008) ANALISIS WACANA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MEDIA ONLINE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS WACANA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MEDIA ONLINE)
BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS WACANA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MEDIA ONLINE)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak, oleh karena itu diperlukan media sebagai alat bantu pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan dan pesan wacana pendidikan matematika berbasis multimedia dalam media online. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian berupa teks wacana yang diambil dari media online, yang diterbitkan tahun 2000-2007. Teknik pengumpulan data dengan mengandalkan bantuan mesin pencari (search engine) yahoo dan google pada internet. Analisis wacana yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis wacana pada elemen tematik atau topik wacana. Hasil analisis wacana kemudian dideskripsikan pada hasil penelitian dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan wacana pendidikan metematika berbasis multimedia dalam media online masih relatif sedikit. Konteks yang berkaitan dengan wacana pendidikan matematika berbasis multimedia baru berkembang setelah tahun 2004, karena di tahun sebelumnya wacana yang sedang dibahas adalah mengenai sistem pendidikan dan perubahan kurikulum seperti KBK, CTL, PMR, dll. Pesan dan makna dalam wacana pendidikan yang disampaikan oleh para penulis adalah menuntut kreatifitas guru matematika dan inovatif dalam mengemas materi pelajaran matematika, salah satunya dengan menggunakan media komputer sebagai alat bantu belajarmengajar untuk mempermudah siswa memahami konsep matematika. Dengan demikian, guru dituntut juga untuk amp;#8216;melek' terhadap teknologi informasi, minimal yang berkaitan dengan kepentingan pengajarannya. Wacana-wacana tersebut muncul karena dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sedang dihadapi di dunia pendidikan matematika. Matematika masih sering dianggap sebagai pelajaran sulit serta beban bagi siswa dalam memahami konsep matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Drs.H. Sedya Santosa, S.S. M.Pd., Pembimbing II : Much. Abrori, S.Si, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Multimedia, Analisis Wacana
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 01 Jun 2012 11:30
Last Modified: 09 Dec 2016 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item