STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN ABDUL KHALID DAN SISWADI (AKSI) DALAM PEMILIHAN UMUM MAHASISWA (PEMILWA) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2011

RAHMATUL AMALIYAH , NIM. 08720036 (2013) STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN ABDUL KHALID DAN SISWADI (AKSI) DALAM PEMILIHAN UMUM MAHASISWA (PEMILWA) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN ABDUL KHALID DAN SISWADI (AKSI) DALAM PEMILIHAN UMUM MAHASISWA (PEMILWA) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2011 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN ABDUL KHALID DAN SISWADI (AKSI) DALAM PEMILIHAN UMUM MAHASISWA (PEMILWA) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2011 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pertarungan pentas politik, pemenangan membutuhkan strategi yang baik agar massa atau calon pemilih dapat mengarahkan pilihannya pada calon yang bersangkutan. Strategi politik dirancang masing-masing partai agar calon yang diusungnya dapat terpilih sesuai dengan kehendak masyarakat (konstituen). Peta politik mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tidak ubahnya pertarungan politik di tingkat nasional. Pesta demokrasi, dalam hal ini pemilihan umum yang terjadi di kampus, juga tidak ada bedanya dengan pesta demokrasi lima tahunan. Yang membedakan hanyalah skop atau wilayah partisipasi. Namun demikian, seluruh rangkaian dari sejak pencalonan hingga pemilihan membutuhkan sebuah strategi khusus di mana mesin partai menjadi komoditas utama dalam mengusung calon hingga terpilih. Pesta demokrasi tingkat kampus di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2011 yang lalu dimenangkan oleh pasangan AKSI (Abdul Khalid-Siswadi). Dalam kaitan tersebut, penelitian ini dimaksudkan atau bertujuan untuk mengetahui strategi pemenangan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa yang diusung oleh Partai Rakyat Merdeka (PRM) tersebut. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori jualan politik dengan pendekatan distribusi dan kesempatan. Pandangan political marketing (jualan politik), menurut Adman Nursal adalah strategi kampanye politik untuk membentuk serangkaian makna politis tertentu di dalam pemikiran para pemilih. Teori pendukung menggunakan teori pendekatan sosial. Bagi Bourdieu, kehidupan sosial baik politik maupun budaya tidak pernah lepas dari apa yang namanya habitus modal. Habitus modal akan selalu memberikan tiga aspek geraknya. Penelitian ini termasuk peneltian lapangan, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam tulisan ini berasal dari wawancara, dokumen-dokumen, dan juga observasi di lapangan. Dan untuk menganalisa data, penulis menggunakan metode analisis-deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan jawaban tentang strategi pemenangan pasangan AKSI, yaitu menggunakan strategi marketing politik, di antaranya: Pertama, berbasis pendekatan keilmuan. Kedua, melalui pendekatan ideologi. Ketiga, melalui modal sosial sebagai bagian dari fakultas baru yang progresif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Musa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keynote: Politik, Strategi Pemenangan, Pemilihan Umum Mahasiswa
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 May 2014 02:43
Last Modified: 30 Dec 2015 06:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item