PENGARUH KEGAGALAN REFORMASI TERHADAP PERGOLAKAN GERAKAN MAHASISWA (STUDI ATAS AKSI PENOLAKAN RENCANA KENAIKAN BBM DI DIY TAHUN 2012)

ABDUL KHALID , NIM. 07720028 (2013) PENGARUH KEGAGALAN REFORMASI TERHADAP PERGOLAKAN GERAKAN MAHASISWA (STUDI ATAS AKSI PENOLAKAN RENCANA KENAIKAN BBM DI DIY TAHUN 2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH KEGAGALAN REFORMASI TERHADAP PERGOLAKAN GERAKAN MAHASISWA (STUDI ATAS AKSI PENOLAKAN RENCANA KENAIKAN BBM DI DIY TAHUN 2012) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH KEGAGALAN REFORMASI TERHADAP PERGOLAKAN GERAKAN MAHASISWA (STUDI ATAS AKSI PENOLAKAN RENCANA KENAIKAN BBM DI DIY TAHUN 2012) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Studi gerakan mahasiswa dalam konteks pergolakan sosial politik sudah banyak kita jumpai dari berbagai sumber dan literatur. Namun demikian, kajian seputar gerakan mahasiswa tetaplah aktual dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh kegagalan reformasi terhadap pergolakan aksi mahasiswa dalam menentang rencana kenaikan harga BBM. Pecahnya gelombang aksi massa mahasiswa dalam menolak rencana kenaikan harga BBM tahun 2012 merupakan dealiktika kekuatan-kekuatan mahasiswa yang mencoba memerankan aksi-aksi moral dan politik secara bersamaan. Aksi penolakan kenaikan harga BBM di Yogyakarta menarik diangkat dan diteliti lebih jauh karena aksi-aksi penolakan rencana kenaikan harga BBM di kota pelajar ini berlangsung radikal dan militan dengan berani berkonfrontasi langsung dengan represifitas militer. Akibatnya, 4 mahasiswa luka-luka, dan 10 aktivis mahasiswa diamankan polisi. Dibutuhkan seperangkat konseptul untuk membedah fenomena aksi jalanan mahasiswa. Untuk itu, dalam penelitian ini diketengahkan teori deprivasi relatif Ted. Robert Gurr yang bertitik pijak pada konsepsi bahwa munculnya gerakan sosial politik bermula dari adanya kesenjangan antara nilai-nilai pengharapan (value of exspektation), dengan kondisi dan kenyataan di lapangan (value of capability). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala sosial politik yang mempengarui aksi unjuk rasa mahasiswa dengan pilihan setting aksi anarkis dan brutal. Sedangkan motode pengambilan data penelitian ini adalah menggunakan wawancara langsung dengan subjek (informan), studi pustaka, dan dari berbagai sumber dokumentasi yang pada gilirannya dipadukan dengan fakta lapangan untuk memberikan gambaran utuh dinamika aksi penolakan harga BBM mahasiswa. Hasil penelitian ini menempatkan setting aksi Anarkis dalam kasus BBM adalah konsekuensi dari besarnya tingkat kekecewaan mahasiswa Yogyakarta terhadap rezim dan lembaga-lembaga Negara yang dalam kacamata mahasiswa gagal mengawal agenda reformasi dengan watak pemerintahan yang korup dan tidak prorakyat. Aksi penolakan kenaikan harga BBM dengan setting aksi anarkis memiliki daya tekan terhadap kebijakan politik nasional, baik secara langsung mapun tidak lansung. Adalah fakta bahwa tahun 2012 rencana kenaikan harga BBM yang direncanakan pemerintah batal, karena pada akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memilih opsi menunda rencana kenaikan harga BBM per 1 April 2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Musa, M.Si
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: Gerakan Mahasiswa, Aksi Massa, BBM, Sosial Politik.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2014 10:13
Last Modified: 29 Dec 2015 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12440

Actions (login required)

View Item View Item