MASYARAKAT MUSLIM DAN FENOMENA WEDUS PRUCUL (STUDY TENTANG KEPERCAYAAN MASYARAKAT GUPIT TERHADAP WEDUS PRUCUL)

EVI MASARTI , NIM. 09720002 (2013) MASYARAKAT MUSLIM DAN FENOMENA WEDUS PRUCUL (STUDY TENTANG KEPERCAYAAN MASYARAKAT GUPIT TERHADAP WEDUS PRUCUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MASYARAKAT MUSLIM DAN FENOMENA WEDUS PRUCUL (STUDY TENTANG KEPERCAYAAN MASYARAKAT GUPIT TERHADAP WEDUS PRUCUL))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text (MASYARAKAT MUSLIM DAN FENOMENA WEDUS PRUCUL (STUDY TENTANG KEPERCAYAAN MASYARAKAT GUPIT TERHADAP WEDUS PRUCUL))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)

Abstract

Wedus prucul merupakan seekor kambing yang dipercaya oleh masyarakat Dusun Gupit. Kambing tersebut merupakan kambing yang tidak semua orang bisa lihat (mistik). Wedus prucul tersebut juga diyakini oleh masyarakat Dusun Gupit sebagai malapetaka. Yakni setiap Wedus Prucul ini muncul maka pasti akan ada warga Dusun Gupit yang meninggal. Kepercayaan ini sudah turun temurun sejak tahun 1940n. Dengan kondisi masyarakat yang tinggal di Dusun Gupit relatif masih percaya dengan hal-hal yang berbau mistik. Setiap kambing (Wedus Prucul) itu muncul masyarakat mengadakan tahlilan dan do’a bersama di masjid dan di makam tempat Wedus Prucul tersebut muncul. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah mengapa masyarakat muslim Dusun Gupit masih mempercayai wedus prucul? Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif analisis. Sedangkan lokasi penelitian ialah Dusun Gupit, Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Waktu penelitian selama tiga bulan (maret-mei). Sedangkan teori penelitian menggunakan teori tiga tahap Comte. Dalam penelitian ini dihasilkan beberapa point tentang mengapa masyarakat muslim Dusun Gupit masih percaya terhadap Wedus Prucul. Diantaranya ialah pertama, masyarakat Dusun Gupit masih memegang teguh peninggalan nenek moyang. Kedua, masyarakat Dusun Gupit menjadikan tradisi atau kepercayaan ini sebagai tenpat untuk bersosialisasi dengan warga lain. Ketiga, tradisi ini dijadikan sebagai identitas daerah atau sebagai ciri khas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Napsiah S.sos, M.si
Uncontrolled Keywords: Keywords: Wedus Prucul, Kepercayaan, Tradisi, Dusun Gupit.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 May 2014 11:15
Last Modified: 29 Dec 2015 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum