EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENCAPAIAN BELAJAR TUNTAS DAN PENINGKATAN KEAKTIFAN PADA SISWA SMP KELAS VII

SEPTIRIA DINDA SANIATASARI, NIM. 08600099 (2014) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENCAPAIAN BELAJAR TUNTAS DAN PENINGKATAN KEAKTIFAN PADA SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENCAPAIAN BELAJAR TUNTAS DAN PENINGKATAN KEAKTIFAN PADA SISWA SMP KELAS VII )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENCAPAIAN BELAJAR TUNTAS DAN PENINGKATAN KEAKTIFAN PADA SISWA SMP KELAS VII )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui (1) efektivitas metode NHT dibandingkan pembelajaran ekspositori terhadap peningkatan keaktifan siswa. (2) efektivitas metode NHT dibandingkan pembelajaran ekspositori dalam mencapai belajar tuntas siswa. (3)efektivitas pendekatan CTL dengan metode NHT dibandingkan dengan metode NHT terhadap peningkatan keaktifan siswa. (4) efektivitas pendekatan CTL dengan metode NHT dibandingkan dengan metode NHT dalam mencapai belajar tuntas siswa. (5) efektivitas pendekatan CTL dengan metode NHT dibandingkan pembelajaran ekspositori terhadap peningkatan keaktifan siswa. (6) efektivitas pendekatan CTL dengan metode NHT pembelajaran ekspositori dalam mencapai belajar tuntas siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu pendekatan CTL dengan metode NHT serta variabel terikat yaitu pencapaian belajar tuntas dan peningkatan keaktifan siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan CTL dengan metode NHT, kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan metode NHT, dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan post-test, pre-angket dan post-angket. Hasil post-test dianalisis dengan menggunakan uji selisih dua proporsi sedangkan pre-angket dan post-angket data yang dianalisis adalah skor gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendekatan CTL Dikolaborasikan dengan Metode NHT lebih efektif dibandingkan metode ekspositori terhadap pencapaian belajar tuntas. (2) Pendekatan CTL Dikolaborasikan dengan Metode NHT lebih efektif dibandingkan metode ekspositori (kontrol) terhadap peningkatan keaktifan siswa. (3) Metode NHT lebih efektif metode ekspositori terhadap pencapaian belajar tuntas. (4) Metode NHT lebih efektif dibandingkan metode ekspositori terhadap peningkatan keaktifan siswa.. (5) ,, Pendekatan CTL dengan Metode NHT lebih efektif dibandingkan metode NHT terhadap pencapaian belajar tuntas. (6) pendekatan CTL dikolaborasikan dengan metode NHT sama dengan model pembelajaran dengan metode NHT terhadap peningkatan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suparni, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendekatan CTL, Metode NHT, belajar tuntas, keaktifan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 May 2014 06:22
Last Modified: 27 Jan 2016 03:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12452

Actions (login required)

View Item View Item