AL MUSHKILAT FI TARJAMAT KITAB HADA MUHAMMAD SAW FI ‘IBADATIHI WA MU’AMALATIHI WA AKHLAQIHI, 30 MAUDI’AN LILQUDWATI MIN HAYATIHI SAW. MUNTAQA MIN ZAD AL- MA’AD LIL- IMAMI IBN AL-QOYYIM LI SAYYID AHMAD IBN UTSMAN AL- MAZID

NUNUK MASLAHATUL ASLAMIYAH, NIM. 06110003 (2013) AL MUSHKILAT FI TARJAMAT KITAB HADA MUHAMMAD SAW FI ‘IBADATIHI WA MU’AMALATIHI WA AKHLAQIHI, 30 MAUDI’AN LILQUDWATI MIN HAYATIHI SAW. MUNTAQA MIN ZAD AL- MA’AD LIL- IMAMI IBN AL-QOYYIM LI SAYYID AHMAD IBN UTSMAN AL- MAZID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL MUSHKILAT FI TARJAMAT KITAB HADA MUHAMMAD SAW FI ‘IBADATIHI WA MU’AMALATIHI WA AKHLAQIHI, 30 MAUDI’AN LILQUDWATI MIN HAYATIHI SAW. MUNTAQA MIN ZAD AL- MA’AD LIL- IMAMI IBN AL-QOYYIM LI SAYYID AHMAD IBN UTSMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img] Text (AL MUSHKILAT FI TARJAMAT KITAB HADA MUHAMMAD SAW FI ‘IBADATIHI WA MU’AMALATIHI WA AKHLAQIHI, 30 MAUDI’AN LILQUDWATI MIN HAYATIHI SAW. MUNTAQA MIN ZAD AL- MA’AD LIL- IMAMI IBN AL-QOYYIM LI SAYYID AHMAD IBN UTSMAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB)

Abstract

“Himari Wa At Thalibah” adalah sebuah cerpen karya Taufik Al Hakim yang menceritakan tentang perubahan sosial Mesir dalam bentuk dialog. Dialog yang dibangun dalam cerpen ini adalah terjadinya perdebatan antara seorang tokoh “Aku” dengan Mahasiswi sebuah perguruan tinggi. Peneliti menggunakan teori struktural genetik Lucien Goldmann. Berusaha mencari asal usul karya sastra yaitu kelompok sosial tertentu yang menyuarakan pandangannya. Menurut Goldmann karya sastra merupakan produk dari sejarah dan proses strukturasi yang hidup dan dihayati oleh masyarakat asal karya sastra itu dibuat. Strukturalisme genetik memiliki seperangkat kategori yaitu fakta kemanusian, subjek kolektif dan pandangan dunia. Pengarang sebagai subjek trasindividual akan tergambar dalam pandangan dunia yang merupakan hasil dari interaksi antara subjek dengan dunia di sekitarnya. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fakta kemanusian dalam realitas sosial adalah adanya hegemoni pemahaman patriarki dalam sejarah Mesir. Hal ini sangat berkesinambungan dengan realitas bangsa Mesir antara tahun 1920-1940an. Hal ini mendapat perhatian dari Taufik Hakim yang membuat struktur realitas sosial dalam cerpen Himary Wa At Thalibah. Taufik al Hakim sebagai bagian subjek transindivisual menyuarakan pandangan dunia yang merupaka subjek kolektif pengarang yaitu kelompok sosial Ulama/Mubahisun At Taqlidy Al Islami, yaitu kelompok sosial masyarakat yang mempunyai gagasan tentang perlunya hubungan antara bangsa Timur dengan Barat tetapi dilain pihak masih sangat terikat kuat dengan adat/peninggalan nenek moyangnya, baik dari segi nilai, pemikiran dan kebudayaan bangsa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuliar Nasrul Latifi, S.Ag., M.Hum.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 May 2014 07:55
Last Modified: 10 Jul 2015 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum