PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP KALOR PADA SISWA KELAS VIII A MTsN SEWULAN MADIUN

MUHAMAD BURHANUL IHWAN - NIM. 03460514, (2008) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP KALOR PADA SISWA KELAS VIII A MTsN SEWULAN MADIUN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP KALOR PADA SISWA KELAS VIII A MTsN SEWULAN MADIUN)
BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP KALOR PADA SISWA KELAS VIII A MTsN SEWULAN MADIUN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep kalor pada siswa VIII A MTsN Sewulan Dagangan Madiun menggunakan metode demonstrasi dalam kegiatan lesson study. Hasil penelitian diharapkan dapat menigkatkan minat dan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pelajaran fisika, serta dapat menigkatkan penguasaan konsep kalor pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitaif. Pada penelitian tindakan ini menggunakan metode demonstrasi dalam kegiatan yang terencana yaitu kegiatan lesson study (kajian pembelajaran). Setting penelitian tindakan ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan angket, observasi, pretes dan postes dengan jumlah subjek penelitian 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 masing-masing sebesar 49,6%, 68,4%, 81,9%. Peningkatan aktivitas dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,8% dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 3 sebesar 32,3%. Hasil rata-rata pretes-postes pada penguasaan konsep kalor dari siklus 1 yaitu 4,86 dan 6,53 dengan kenikan sebesar 1,67, siklus 2 yaitu 6,86 dan 7,25 dengan kenikan sebesar 0,39, siklus 3 yaitu 7,58 dan 8,53 dengan kenaikan sebesar 0,94. Berdasarkan hasil angket siswa setelah dilakukannya penelitian menunjukkan minat, aktivitas, dan motivasi siswa dalam pelajaran fisika sebesar 84,3% atau 27,32 siswa dari 36 siswa. Dari hasil penelitian tersebut penerapan metode demonstrasi dalam kegiatan lesson study dapat meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan konsep pokok bahasan kalor pada siswa kelas VIII A di MTsN Sewulan Dagangan Madiun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Demonstrasi, Lesson Study, Aktivitas, Kalor.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 01 Jun 2012 15:21
Last Modified: 07 Dec 2016 04:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item