PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI READING ALOUD TERHADAP HASIL MEMBACA SANTRI KELAS I’DADYdi PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

ZUMROTUL FATMAH , NIM. 09420058 (2014) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI READING ALOUD TERHADAP HASIL MEMBACA SANTRI KELAS I’DADYdi PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI READING ALOUD TERHADAP HASIL MEMBACA SANTRI KELAS I’DADYdi PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI READING ALOUD TERHADAP HASIL MEMBACA SANTRI KELAS I’DADYdi PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Zumrotul Fatmah, Implementasi Strategi Reading Aloud terhadap hasil membaca santri kelas I’dady di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum proses pembelajaran bahasa Arab, mengetahui pengaruh strategi Reading Aloud terhadap kemampuan membaca santri, mengetahui kekurangan dan kelebihan implementasi strategi Reading Aloud dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas I’dady Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis diskriptif kualitatif yaitu suatu metode untuk menggambarkan data yang telah terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya serta metode analisis kuantitatif untuk menganalisa hasil tes santri dalam membaca teks Arab. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan sumber datanya para santri dan guru kelas I’dady. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses pembelajaran Al-Mabadi’u Al-Fiqhiyyah di kelas I’dady Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah berjalan cukup baik dengan metode yang bervariatif seperti metode bandongan, ceramah, sorogan santri berperan aktif dalam pembelajaran selain itu terbukti dengan menggunakan strategi Reading Aloud pada kemampuan membaca teks bahasa Arab dapat membantu peserta didik memfokuskan perhatian secara mental, menimbulkan pertanyaan-pertanyaan, dan merangasang diskusi. (2) Kendala yang dihadapi santri dalam membaca teks bahasa Arab (a) belum terbiasanya santri dalam membaca kitab kosongan/tanpa harokat (b) bervariasinya latar belakang santri dan kemampuan santri (c) Keterbatasan ruang dan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 May 2014 14:39
Last Modified: 26 Jul 2017 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum