AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. TANJUNGENIM LESTARI PULP & PAPER TERHADAP MASYARAKAT DESA TEBAT AGUNG, MUARA ENIM, SUMATERA SELATAN

ASTRI YUNIARSIH , NIM. 10250038 (2014) AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. TANJUNGENIM LESTARI PULP & PAPER TERHADAP MASYARAKAT DESA TEBAT AGUNG, MUARA ENIM, SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. TANJUNGENIM LESTARI PULP & PAPER TERHADAP MASYARAKAT DESA TEBAT AGUNG, MUARA ENIM, SUMATERA SELATAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. TANJUNGENIM LESTARI PULP & PAPER TERHADAP MASYARAKAT DESA TEBAT AGUNG, MUARA ENIM, SUMATERA SELATAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Corporate Social Responsibilty (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu tanggung jawab yang diberikan perusahaan terhadap konsumen, karyawan, shareholder (pemegang saham), komunitas dan lingkungan dalam segala aspek yang terlibat dalam operasional perusahaan. Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mengejar keuntungan (profit) semata, tetapi juga diharapkan mampu mendatangkan manfaat dan mencegah terjadi dampak buruk terhadap masyarakat dan lingkungan alam sekitar perusahaan. CSR di Indonesia diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan, diantaranya Pasal 15 UU RI No. 25 Th 2007 tentang Penanaman Modal dan Pasal 74 UU RI No. 40 Th 2007 tentang Perseroan Terbatas dan beberapa peraturan lainnya. Perusahaan juga memerlukan sebuah program untuk menjaga citra demi keberlangsungan perusahaan dan juga merupakan tanggung jawab sosial perusahaan yang harus dilakukan. Salah satu perusahaan yang melaksanakan tanggungjawab sosial yaitu perusahaan Tanjungenim Lestari Pulp & Paper (PT TeLPP) telah menjalankan CSR dan mempunyai program-program CSR yang telah dilaksanakan seperti program dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial, lingkungan, kesehatan, dan lain-lain. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan yang meliputi observasi secara langsung dan wawancara secara lisan terhadap 10 pihak karyawan PT TeLPP dan 5 masyarakat Desa Tebat Agung, Studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berhubungan dengan materi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan banyaknya program-program pemberdayaan yang telah dilaksanakan oleh CSR PT.TeLPP untuk masyarakat sekitar (Desa Tebat Agung) dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial, dan lain-lain. dimana program-program yang telah dilaksanakan tersebut telah mengacu kepada kebutuhan dasar masyarakat desa yang diketahui dari rapat yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali yang didatangi oleh para tokoh desa dan sebagian masyarakat. Peranan pekerjaan sosial juga tidak dapat dipungkiri terlibat dalam pelaksanaan program tersebut, dalam memfasilitasi program, brokerisasi, mediasi maupun advokasi. Namun sayangnya pelaksanaan aktivitas pekerjaan sosial tersebut belum dijalankan oleh seorang / tim pekerja sosial. Disini perlu adanya seorang / tim pekerja sosial di dalam perusahaan ini untuk lebih fokus dalam membantu dan membedakan tugas-tugas yang ada di bawah divisi administrasi untuk melaksanakan program-program CSR, yang bertumpu pada kebutuhan masyarakat yang mana pekerja sosial dengan disiplin ilmunya dan keahliannya akan bisa melakukan assesmen makro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : M. Izzul Haq, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Aktivitas pekerjaan sosial, Corporate Social Responsibility ( CSR )
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 12 May 2014 01:34
Last Modified: 21 Oct 2015 01:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12496

Actions (login required)

View Item View Item