PERAN KELOMPOK BATIK “BERKAH LESTARI” BAGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (STUDI DI DUSUN KARANGKULON, DESA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA)

RIESTA MAR’ATUL AZIZAH, NIM. 10720012 (2014) PERAN KELOMPOK BATIK “BERKAH LESTARI” BAGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (STUDI DI DUSUN KARANGKULON, DESA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PERAN KELOMPOK BATIK “BERKAH LESTARI” BAGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (STUDI DI DUSUN KARANGKULON, DESA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PERAN KELOMPOK BATIK “BERKAH LESTARI” BAGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (STUDI DI DUSUN KARANGKULON, DESA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial hendaknya bisa bermanfaat satu sama lain dan bekerjasama sebagai satu kesatuan. Inilah makna pemberdayaan sebagaimana dijelaskan dalam Qur’an Surat Ali Imron ayat 110. Pemberdayaan menekankan adanya solidaritas sosial. Salah satu contohnya adalah pemberdayaan perempuan. Upaya pemberdayaan perempuan bukan hanya dilakukan pemerintah pusat saja tetapi juga dilakukan di level kabupaten, misalnya Kabupaten Bantul. Pemberdayaan perempuan di Kabupaten Bantul diwujudkan melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah, salah satunya kelompok usaha batik Berkah Lestari yang terletak di Dusun Karangkulon, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini bermaksud mengetahui peran Berkah Lestari bagi pemberdayaan perempuan di Karangkulon, yang meliputi berbagai faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Berkah Lestari dalam proses pemberdayaan perempuan. Penelitian ini menggunakan teori AGIL (adaptation, goal attainment, integration, latency) dari Talcot Parsons. Metode penelitiannya menggunakan kualitatif naturalistik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemaparan hasil penelitian menggunakan deskriptif-analitik, yaitu penyajian data dengan mengedepankan pendapat mendalam dari informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berkah Lestari mampu berperan bagi perempuan Karangkulon melalui 4 hal: adaptasi, anggota kelompok dapat menyesuaikan dengan peraturan kelompok dan perubahan lingkungannya; pencapaian tujuan, kegiatan di Berkah Lestari fokus untuk mencapai kesejahteraan bersama, bukan kepentingan pribadi; integrasi, komunikasi yang terbuka antara anggota dan pengurus membuat Berkah Lestari bisa survive dan berkembang sampai sekarang; pemeliharaan pola, Berkah Lestari mengedepankan rasa kekeluargaan dan keterbukaan agar anggotanya merasa nyaman dan terhindar dari konflik. Hasilnya terlihat dari 3 aspek: aspek ekonomi, yaitu meningkatnya pendapatan perempuan Karangkulon dibandingkan sebelum bergabung dengan Berkah Lestari; aspek politik, di mana perempuan Karangkulon berhasil membentuk sebuah kelompok batik untuk memperjuangkan kepentingan mereka, dan tidak minder saat berbicara dengan pengunjung Berkah Lestari; aspek sosial budaya, di mana perempuan dianggap sejajar dengan laki-laki karena bisa dapat berperan ganda, satu sisi perannya sebagai ibu rumah tangga yang mengurusi putranya, satu sisi sebagai istri yang membantu suami mencari tambahan penghasilan. Dalam upaya memberdayakan perempuan, Berkah Lestari didukung dengan adanya rasa kekeluargaan, kepercayaan, dan keterbukaan. Kendalanya antara lain: marketing yang masih terbatas melalui kartu nama dan gethok tular (dari mulut ke mulut), pemasaran via online belum optimal, kurangnya pelatihan akan pengembangan motif batik dan pemanfaatan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sulistyaningsih S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemberdayaan, Perempuan, Kelompok Berkah Lestari
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 12 May 2014 06:09
Last Modified: 31 Dec 2015 07:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

View Item View Item