FILSAFAT KONSTRUKTIVISME SEBAGAI PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN MATEMATIKA

AGUS MAHMUD, NIM. 99434389 (2003) FILSAFAT KONSTRUKTIVISME SEBAGAI PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FILSAFAT KONSTRUKTIVISME SEBAGAI PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN MATEMATIKA)
BAB I. III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FILSAFAT KONSTRUKTIVISME SEBAGAI PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN MATEMATIKA)
BAB II. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Konstruktivisme merupakan aliran filsafat yang menjelaskan bahwa pengetahuan itu adalah hasil konstruksi/bangunan dari individu yang sedang belajar. Penerapannya dalam dunia pendidikan formal adalah penekanan terhadap peserta didik agar selalu aktif dalam pembelajarannya, dengan dibantu gurunya sebagai fasilitator/mediator yang selalu mengarahkan dan menciptakan suasana kelas yang memungkinkan peserta didik agar mampu rnengkonstruksi pengetahuan dengan secara tidak pasif Skripsi dengan judul "Filsafat Konstruktivisme Sebagai Paradigma Pengembangan Kurikulum Pendidikan Matematika", mempunyai tujuan untuk memajukan prestasi dan pemahaman peserta didik dalam pelajaran matematika yang selama ini rendah, melalui implementasi konstruktivisme kedalam kurikulum pendidikan matematika selama ini pada jenjang MAlSMU khususnya, dan pada semua jenjang pendidikan pada umumnya, kedalam semua komponen kurikulum yaitu tujuan, isi, strategi dan evaluasinya. Penelitian ini mengunakan metode penelitian filsafat dengan sumber informasi/referensi primer ataupun sekunder. Penelitian dimulai dengan melihat bagaimana konsep dasar konstruktivisme, kemudian dipaparkan relevansinya dengan pendidikan matematika yang pada tahap selanjutnya disatukan dalam bentuk implikasi konstruktivisme terhadap proses belajar rnengajar, sehingga dalam proses tersebut ditemukan bahwa dalam proses belajar mengajar harus melihat hakekat matematika dan hakekat peserta didik serta tentunya membutuhkan seorang guru yang profesional. Dalam rangka mengimplementasikan gagasan konstruktivisme kedalam kurikulum pendidikan matematika maka penulis melengkapi penelitian ini dengan melihat landasan-landasan pengembangan kurikulum dan berusaha memasukkan prinsip-prinsip konstruktivisme kedalam semua komponen kurikulum pendidikan matematika. Penelitian yang penulis lakukan ini, berusaha menambah wawasan ataupun wacana bagi pemerhati pendidikan matematika tentang kurikulum pendidikan matematika yang berparadigma konstruktivisme, bagaimana harus membuat tujuan kurikulum pendidikan matematika yang sesuai dengan konstruktivisme, bagaimana dengan isinya, bagaimana dengan strateginya, dan bagaimana dengan tahap evaluasinya. Tentunya setelah penulis bahas dengan kemampuan penulis sendiri dengan arahan pembimbing, penulis temukan kelebihan dan kekurangannya sebab konstruktivisme itu bukan berasal dari Indonesia, yang berbeda baik kondisi lingkungan, sistem, dan kondisi manusianya. Namun yang terpenting disini kita dapat mengambil sisi positifnya guna memajukan pendidikan di Indonesia, dengan bagaimana merancang atau mengembangkan kurikulum yang menekankan peserta didik untuk aktif dan kreatif mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dari apa yang didapat dari proses belajarnya, dengan dukungan dari segala komponen pendidikan, baik itu formal ataupun non formal sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan Indonesia yang maju sesuai tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. USMAN, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Filsafat, konstruktivisme
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 May 2014 07:42
Last Modified: 13 May 2014 07:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum