REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM FAZLUR RAHMAN)

BAMBANG SUBAGIYA , NIM. 96473465 (2003) REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM FAZLUR RAHMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM FAZLUR RAHMAN))
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH ATAS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM FAZLUR RAHMAN))
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kaum muslimin saat ini hidup dalam masa yang sulit dan menantang. Secara demografis, mereka merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan, karena penduduknya yang kurang lebih seperlima dari seluruh manusia di dunia dan juga memiliki tanah yang luas serta sumber daya alam berlimpah. Namun pengaruhnya dalam percaturan politik, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi berada pada posisi peripheral (pinggiran). Sehingga secara praktis mereka tidak diperhitungkan. Padahal, umat Islam pada kurun waktu pertama dibawah bimbingan langsung Nabi berhasil memperagakan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Islan yang segar sehingga terbentuk umat baru yang menjadi khairu ummah. Walaupun sepeninggal Nabi SAW timbul persoalan-persoalan, namun keempat khalifah pertama menangani situasi-situasi baru yang terus timbul dengan menerapkan kebikjasanaan-kebijaksanaan mereka dibawah cahaya al- Quran dan pelajaran yang mereka terima dari Rasulullah SAW. Mereka melakukan ijtihad, penggunaan penalaran yang kritis dan mendalam untuk memahami kedalaman dan keluasan isi kandungan al-Quran dan Sunnah rasulullah, untuk emahami dan menafsirkannya sesuai dengan tuntunan kemajuan dan perubahan jaman. Kekuatan ijtihad san pengembangan keilmuan seakan berhenti sampai abad ke-13, kemandekan ini berlangsung sedemikian lamanya sehingga seolah-olah tidak mungkin digerakkan untuk maju. Fazlur Rahman merupakan tokoh dari sekian mujtahid yang unik didalam memahami persoalan ini dan memberikan solusi pemecahannya. Oleh karena itu, penulis member judul “Rekonstruksi Pendidika Islam ( Telaah atas Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman)”. Setelah melakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Pendidkan Islam dihinggapi dengan problematika yang kompleks, yaitu mulai dari wilayah konseptual, institusional hingga cultural. 2. Gagasan rekonstruksi pendidikan Islam menurut Fazlur Rahman terdiri dari : rekontruksi konseptual, institusional dan cultural dengan menempatkan al-Quran sebagai bingkai yang menyinari ketiganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.R. Abdullah Fadjar, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pendidikan islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 May 2014 08:10
Last Modified: 03 Mar 2017 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum