PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU)

ISTIKOMAH, NIM. 97423514 (2002) PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU))
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (TINJAUAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU))
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar mengajar dilihat dalam konteks pendidikan adalah sebagai suatu proses memanusiakan manusia. Bila ditelusuri secara mendalam proses belajar mengajar yang merupakan inti dari pendidikan formal di sekolah, di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pengajaran antara lain guru, isi(materi) dan siswa. Guru adala kreator dalam proses belajar mengajar dan merupakan human resource, tanpa adanya human resource (bahan pengajaran, metode, sarana dan lain) tidak banyak manfaatnya. Berbicara soal pengajaran bahasa arab tidaklah lepas dari pengertian pengajaran pada umumnya. Berdasarkan kurikulum Depag tahun 1994 yang digunakan di MTsN laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bahwa tujuan belajar mengajar bidang studi bahasa arab, yaitu agar siswa menguasai secara aktif dan pasif perbendaharaan kata Arab fusho berjumlah 700 kat dan ungkapan dalam berbagai struktur dan kalimat, serta pola kalimat yang diprogramkan, sehingga dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi dan memahami buku-buku agama Islam yang sederhana. Dalam proses belajar mengajar yang terjadi didalam kelas setidaknya seorang guru mampu memerankan berbagai macam kompetensi profesinalisme yang bersifat psikolgis yaitu kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor. Oleh karena itu penulis memberikan judul “Pengajaran Bahasa Arab di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Tinjauan Terhadap Kompetensi Profesionalisme Guru)”. Setelah melakukan penlitian penulis dapat menyimpulkan bahwa : 1. Pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berjalan dengan lancer. 2. Kualitas kompetensi profesionalisme guru Bahasa Arab di MTsN Laboratorium Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah baik karena guru bahasa arab menguasai bahan / materi pokok maupun penunjang, mampu mengelola kelas, mampu menggunakan media / sumber belajar dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pengajaran bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: PEMBIMBING: Drs. MAKSUDIN
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 May 2014 08:14
Last Modified: 29 Mar 2017 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum