TELAAH KONSEP PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN K.H.HASYIM ASY’ARI DAN PROGRESSIVISME JOHN DEWEY: SUATU STUDI PERBANDINGAN

SUMAJI, NIM. 97473706 (2003) TELAAH KONSEP PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN K.H.HASYIM ASY’ARI DAN PROGRESSIVISME JOHN DEWEY: SUATU STUDI PERBANDINGAN. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (TELAAH KONSEP PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN K.H.HASYIM ASY’ARI DAN PROGRESSIVISME JOHN DEWEY: SUATU STUDI PERBANDINGAN)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TELAAH KONSEP PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN K.H.HASYIM ASY’ARI DAN PROGRESSIVISME JOHN DEWEY: SUATU STUDI PERBANDINGAN)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sesuatu yang menarik dari teori pendidikan progressivisme karena anak tidak dibekali nilai, maka anak jadi tidak mempunyai pegangan yang tegas dalam kehidupannya, akibat dari kebebasan yang berlebihan pada masa kecilnya. Sementara itu dengan mengkaji kembali konsep pendidikan Islam tradisional, di mana system pendidikannya memberikan penekanan yang kuat terhadap moralitas sangatlah relevan. Pendidikan Islam tradisional adalah konsep pendidikan yang telah lama mengakar di pesantren-pesantren tradisional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dan bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan historis factual, dan pendekatan filosofis. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder, dan data-data yang ada dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis induktif dan metode komparatif. Secara retoris K.H. Hasyim Asy’ari dan progressivisme John Dewey mempunyai kesamaan dalam merumuskan tujuan pendidikan yaitu mencapai kehidupan yang baik bagi individu dan masyarakat, namun standar yang dipakai untuk mengukur nilai baik tersebut berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, belajar, bahasa arab, MTs, SMP
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 May 2014 19:11
Last Modified: 10 Mar 2017 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum