KONSEP BESARAN DAN SATUAN DALAM PERSPEKTIF SAINS DAN AL-QUR'AN PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERPADU UNTUK MTs NEGERI BANTUL KOTA TAHUN AJARAN 2007-2008

RIDWAN - NIM. 03460537, (2008) KONSEP BESARAN DAN SATUAN DALAM PERSPEKTIF SAINS DAN AL-QUR'AN PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERPADU UNTUK MTs NEGERI BANTUL KOTA TAHUN AJARAN 2007-2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP BESARAN DAN SATUAN DALAM PERSPEKTIF SAINS DAN AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERPADU UNTUK MTs NEGERI BANTUL KOTA TAHUN AJARAN 2007-2008)
BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP BESARAN DAN SATUAN DALAM PERSPEKTIF SAINS DAN AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERPADU UNTUK MTs NEGERI BANTUL KOTA TAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIA di MTs Negeri Bantul Kota pada mata pelajaran fisika dapat meningkat dengan pola pembelajaran terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pola pembelajaran terpadu. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Bantul Kota dengan pokok bahasan besaran dan satuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi (kegiatan guru dan siswa), pre-test dan post-test. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Lewin menurut Elliot. Tahapan-tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian tindakan kelas ini telah terlaksana dalam tiga siklus, dimana masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan pola pembelajaran terpadu berhasil mewujudkan tujuan penelitian. Keberhasilannya dinyatakan atas dasar kesimpulan bahwa pola pembelajaran terpadu memberikan dampak yaitu peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyawati.
Uncontrolled Keywords: Pola pembelajaran terpadu, aktivitas, prestasi.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:07
Last Modified: 07 Dec 2016 04:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item