PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

IIN SEPTIANI LAILI, NIM. 09220049 (2013) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB I. IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB II. III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang dinamis dan terus menerus. Dengan memberikan kesempatan yang sama kepada anak tunagrahita berarti memperkecil kesenjangan pendidikan antara anak normal dengan anak tunagrahita. Anak tunagrahita hendaknya memperoleh penanganan dan pengajaran yang tepat, sehingga dapat memperoleh pengetahuan dan pengembangan kreativitas sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Pengembangan kreativitas ini diharapkan dapat membantu mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta anak tunagrahita untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pengembangan kreativitas anak tunagrahita SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang metode pengembangan kreativitas anak tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari subyek utama yaitu siswa-siswi TKLB Tunagrahita yang berjumlah 6 anak, serta informan yang penulis ambil adalah Kepala Sekolah, 2 guru pembimbing, 1 guru kesenian, 1 guru bimbingan konseling dan 4 orang tua siswa. Obyek penelitian ini adalah metode dan hasil pengembangan kreativitas anak tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menginterpretasikan data-data yang diperoleh dari lapangan diolah dalam bentuk kalimat. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam mengembangkan kreativitas anak tunagrahita adalah metode penciptaan produk (hasta karya), metode imajinasi, metode eksplorasi, metode eksperimen, metode proyek, metode musik dan metode bahasa. Selain metode pengembangan kreativitas seperti dalam teori, penulis juga menemukan metode yang digunakan pembimbing untuk mengembangkan kreativitas anak tunagrahita SLB Negeri Pembina Yogyakarta, yaitu metode demontrasi, metode motivasi dan metode bermain. Metode yang sering digunakan pembimbing dalam mengembangkan kreativitas anak tunagrahita adalah metode penciptaan produk (hasta karya). Kata Kunci : Pengembangan, Kreativitas dan Anak Tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S. Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kreativitas dan Anak Tunagrahita.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 May 2014 05:59
Last Modified: 04 Nov 2015 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum