ANALISIS KOMPARATIF LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA 1.

FITRIYAH, NIM. 98423944 (2003) ANALISIS KOMPARATIF LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPARATIF LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA 1.)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPARATIF LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA 1.)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berhasil atau tidaknya suatu proses belajar mengajar dapat diketahui dari prestasi yang diperoleh seorang siswa semasa belajarnya yang berupa penambahan pengetahuan dan kemahiran menuju kemajuan. Dengan demikian prestasi siswa dalam belajar bahasa Arab adalah hasil yang dicapai oleh siswa dalam belajar bahasa Arab yang berupa penambahan pengetahuan bahasa Arab atau kemahiran berbahasa Arab. Prestasi ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal seperti kecerdasan, kemauan belajar, perhatian untuk belajar dan minat, sedangkan faktor eksternal seperti alat pelajaran, ruang dan penerangan yang baik, waktu belajar yang cukup. Menurut peneliti latar belakang pendidikan termasuk faktor eksternal, karena pendidikan dasar yang dilalui siswa sebelumnya sangat mempengaruhi kemampuannya dalam bidang bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di MTsN Yogyakarta 1, untuk mengetahui prestasi belajar bahasa Arab siswaMTsN Yogyakarta 1 berdasarkan latar belakang pendidikannya, serta untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar bahasa Arabnya. Metode dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, observasi, interview dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengajaran bahasa Arab di kelas II MTsN Yogyakarta 1 berlangsung tiga kali seminggu dengan waktu dua jam pelajaran dengan menggunakan metode campuran yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi dan latihan/tugas. Faktor pendukung adalah mayoritas siswa memiliki buku bahasa Arab, perpustakaan yang memadai, dan guru bidang studi yang mumpuni, sedangkan faktor penghambat adalah masih ada siswa yang belum memiliki buku bahasa Arab, latar belakang pendidikan siswa mayoritas berasal dari SD dan faktor lingkungan keluarga yang kurang mendukung. Latar belakang pendidikan siswa kelas II MTsN Yogyakarta 1 berasal dari SD sebanyak 93,8%, dan berasal dari MI sebanyak 6,4 %. Pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap prestasi belajar bahasa Arab dapat dibuktikan, siswa yang bearsaldari MI lebih baik prestasinya belajar bahasa Arabnya dibandingkan dengan siswa yang berasal dari SD. Hal ini menujukkan bahwa latar belakang pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Latar belakang pendidikan, Prestasi Belajar, Belajar bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Dra. Irhamny
Date Deposited: 19 May 2014 02:55
Last Modified: 30 Mar 2017 02:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item