UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN NILAI-NILAI ISLAM DI SMU NEGERI 5 YOGYAKARTA

MUKH. NUR SIKIN, NIM. 99414619 (2002) UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN NILAI-NILAI ISLAM DI SMU NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN NILAI-NILAI ISLAM DI SMU NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN NILAI-NILAI ISLAM DI SMU NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di SMA Negeri 5 Yogyakarta peran dan fungsi guru sangat besar dalam mengamalkan nilainilai ajaran Islam, realitas yang ada menunjukan bahwa mayoritas siswi SMA Negeri 5 Yogyakarta berjilbab, pada jam-jam istirahat mayoritas siswa-siswi sholat Dhuha, sholat jama’ah dhuhur, membaca al Qur’an di lingkungan sekolah, begitu juga di antara mereka membiasakan mengucap salam dan berjabat tangan ketika bertemu teman. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendiskripsikan pengamalan pendidikan agama Islam oleh siswa SMA Negeri 5 Yoyakarta, merumuskan faktor-faktor yang mendorong siswa dalam mengamalkan nilai-nilai Islam, untuk mengetahui upaya-upaya yang ditempuh guru PAI untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengamalkan nilai-nilai Islam, serta mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat guru PAI dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi, dan penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta memiliki minat yang tinggi dlam melksanakan dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam di sekolah seperti memakai jilbab dan pecis, melaksanakan sholat jamaah, dhuha, menjalin ukhuwah islamiyah dan membiasakan membaca al Qur’an juga membiasakan mengucapkan salam ketika bertemu teman atau siswa lain dan membiasakan membaca doa ketika mau menjalankan aktivitasnya. Upaya guru adalah memberi pengertian tentang PAI khususnya Ibadah dengan cara dalil naqli sebagai dalil dalam melaksanakan dan mengamalkannya dan juga memberi penjelasan hikmah dan manfaatnya. Mengadakan shalat berjamaah, kegiatan ramadhan, pengajian tiap peringatan hari besar Islam, menyelenggarakan seni baca al Qur’an setiap seminggu sekali. Faktor yang mendorong siswa untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam di sekolah adalah peran guru agama Islam yang aktif dalam mengajarkan PAI, mengontrol ibadah siswa dan kektifan guru agama Islam dalam melaksanakan nilai-nilai Islam. Selain itu juga faktor orang tua juga faktor sarana dan prasarana pendidikan. Untuk faktor penghambat adalah sebagian siswa belum sadar atas manfaat dan hikmah pendidikan agama Islam tertama dalam masalah pengamalan nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam , Pengamalan nilai Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 May 2014 11:40
Last Modified: 06 Dec 2023 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum