INTEGRASI NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA (Studi dari Sudut Strategi Pembelajaran)

NUR ASIYANTI, NIM. 99414151 (2003) INTEGRASI NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA (Studi dari Sudut Strategi Pembelajaran). Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA (Studi dari Sudut Strategi Pembelajaran))
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA (Studi dari Sudut Strategi Pembelajaran))
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pendidikan yang berlangsung baik di lembaga pendidikan umum (yang dikelola orang Islam) maupun lembaga pendidikan Islam kebanyakan dalam proses pembelajarannya masih memisahkan antara pelajaran umum sendiri dan pelajaran agama sendiri, dalam arti ketika memberikan pelajaran umum guru hanya memberikan pengetahuan umum semata, begitu juga sebaliknya ketika mengajarkan pelajaran agama guru juga hanya memberikan pengetahuan agama. Hal ini menunjukan bahwa pendidikan yang berlangsung masih mengandung pandangan yang dikotomi, hal ini mengundang para tokoh pendidikan muslim untuk mencarikan jalan terbaik guna mengikis dikotomi yakni dengan pendekatan integratif. SDIT Luqman al Hakim adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang merespon gagasan integratif dimana konsep pembelajaran terpadu yakni memadukan pendidikan umum dan agama, antara ilmu qauliyah dan kauniyah, antara pikir dan dzikir antara IPTEK dan IMTAQ. Oleh karenanya peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam lagi tentang pembelajaran secara integratif untuk mata pelajaran IPA khususnya strategi pembelajaran integrasi nilai-nilai ajaran Islam dalam mata pelajaran IPA serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran IPA di SDIT Luqman al Hakim meliputi empat hal yaitu tujuan pembelajaran, pendekatan, langkah-langkah dan evaluasi. Tujuan kurikuler dijabarkan dalam perumusan TIU yang mengacu pada GBPP 1994 kemudian dijabarkan dalan TIK. Dalam memahami tujuan pembelajaran IPA siswa mengetahui ilmu pengetahuan alam yang terpadu dengan ayat-ayat qauliyah dan kauniyah. Pendekatan pembelajaran IPA guru memposisikan siswa sebagai subyek dan obyek sehingga dalam proses pembelajaran baik guru dan siswa sama-sama berperan. Dalam evaluasi pembelajaran IPA mengacu pada Diknas yang meliputi evaluasi formatif, sumatif dan produk. Sedangkan faktor pendukung dalam pembelajaran IPA antara lain adanya kdalam pembelajaranerangka berpikir terpadu dari pihak guru, adanya pegangan buku yang telah diinovasi , dukungan dari pihak sekolah dan antusiasme siswa. Faktor penghambat dalam pembelajaran IPA adalah kurangnya seminar-seminar yang berhubungan dengan Islamisasi pengetahuan atau sain Islami, perbedaan individu siswa dan adanya sistem sentralisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SDIT Lukman al Hakim , Pembelajaran IPA , Integrasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 May 2014 11:48
Last Modified: 07 Dec 2023 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum