EKSPERIMENTASI MEDIA FLOW CHART DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ PADA SISWI KELAS II MA PONDOK PABELAN MUNGKID MAGELANG

RR. SITI MURDANING SETYASTUTI , NIM. 98423936 (2003) EKSPERIMENTASI MEDIA FLOW CHART DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ PADA SISWI KELAS II MA PONDOK PABELAN MUNGKID MAGELANG. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA FLOW CHART DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ PADA SISWI KELAS II MA PONDOK PABELAN MUNGKID MAGELANG)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA FLOW CHART DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ PADA SISWI KELAS II MA PONDOK PABELAN MUNGKID MAGELANG)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Insya’ adalah mengungkapkan suatu ide atau gagasan dalam bentuk penulisan kalimatkalimat bahasa Arab yang benar dan sempurna secara efisien dan efektif. Sedangkan bahasa Arab merupakan pelajaran utama yang diajarkan di pondok pesantren Pabelan yang diperkenalkan dan ditanamkan pada siswa sejak dini di pesantren mulai dari satu kosa kata hingga jumlah yang mencukupi dengan harapan mereka tidak akan merasa asing terhadap bahasa Arab. Kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan menulis yang dilakukan oleh guru pada umumnya menggunakan metode pemberian judul/tema dengan tujuan siswa dapat ide, gagasan atau pikiran kedalam bentuk tulisan. Namun pada umumnya siswa merasa bingung untuk memulainya karena kurang memahami apa yang akan ditulis, hal ini menimbulkan kejenuhan dan kurang berminat sehingga meniru hasil karangan temannya. Hal ini merupakan permasalahan yang memerlukan perhatian dari para pendidik dan guru mata pelajaran khususnya. Salah satu media dalam pembelajaran adalah media flow chat yang terdiri dari beberapa gambar visual yang saling berhubungan dan menggambarkan suatu cerita atau peristiwa yang dapat merangsang santri untuk berekspresi. Peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran insya’ dengan menggunakan media flow chat terutama manfaat penggunaan media ini dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar insya’ siswa kelas 2 MA pondok Pabelan dan juga ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan media ini dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar materi insya’. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan test dalam mengumpulkan data. Penelitian ini menghasilkan simpulan yaitu pembelajaran insya’ dengan menggunakan media flow chart dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar materi insya dan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi insya’ siswi yang menggunakan media flow chart dan siswi yang tanpa menggunakan media tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran insya', pondok pesantren Pabelan, media flow chart
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Dra. Irhamny
Date Deposited: 19 May 2014 05:09
Last Modified: 31 Mar 2017 02:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12580

Actions (login required)

View Item View Item