EFEKTIVITAS BĪ’AH LUGHAWIYYAH TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI PUTRA KELAS PERSIAPAN ASRAMA AL-AZHAR MAK PP. AL-HIKMAH 2 BENDA BREBES PERIODE 2013/2014

ALFIN NURKHOLIS, NIM. 10420065 (2014) EFEKTIVITAS BĪ’AH LUGHAWIYYAH TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI PUTRA KELAS PERSIAPAN ASRAMA AL-AZHAR MAK PP. AL-HIKMAH 2 BENDA BREBES PERIODE 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BĪ’AH LUGHAWIYYAH TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI PUTRA KELAS PERSIAPAN ASRAMA AL-AZHAR MAK PP. AL-HIKMAH 2 BENDA BREBES PERIODE 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BĪ’AH LUGHAWIYYAH TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI PUTRA KELAS PERSIAPAN ASRAMA AL-AZHAR MAK PP. AL-HIKMAH 2 BENDA BREBES PERIODE 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas penerapan bi’ah lugawiyyah dan sejauh mana efektivitas penerapan bi’ah lugawiyyah dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab serta menambah khasanah ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan terciptanya bî'ah lugawiyyah dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang termasuk dalam penelitian kuantitatif menggunakan metode analisis statistik dan non statistik dengan pola berpikir deduktif dan induktif, menggunakan tehnik pengumpulan data berupa angket, observasi, interview dan dokumentasi dengan mengambil latar asrama al-Azhar MAK Al-Hikmah 2 Benda Brebes. Adapun populasi nya adalah santri putra kelas persiapan MAK Al-Hikma 2 Benda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kebahasaan (bi’ah lugawiyyah) di asrama al-Azhar MAK Al-Hikmah 2 meliputi pemberian mufradāt, chek list mufradāt, Muhādatsah, mujādalah, pidato (muhādarah), dan adanya kreatifitas para santri dalam menyusun teks pidato berbahasa arab yang disampaikan dalam kegiatan meeting dan diadakannya perlombaan kebahasaan baik dipesantren maupun diluar pesantren seperti pidato bahasa, mujādalah lugāwiyyah, drama berbahasa Arab, dan pembuatan yel-yel berbahasa Arab. Penerapan bi’ah lugawiyah di lingkungan asrama al-Azhar MAK Al-Hikmah 2 efektif terhadap peningkatan minat belajar bahasa Arab santri. Hal ini ditunjukkan dari angket. Dari hasil keseluruhan angket tersebut dapat disimpulkan bahwa minat siswa dalam belajar bahasa Arab dikaitkan dengan efektivitas bi’ah lugawiyyah adalah baik, sebagaimana juga telah ditunjukkan dengan pembahasan angket per item pada pembahasan yang telah lalu dan juga didukung ketika penyusun wawancara baik kepada guru maupun santri serta observasi langsung di lokasi penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2014 09:46
Last Modified: 04 May 2017 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum