DAMPAK SOSIAL EKONOMI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta)

SARIF HIDAYAT, NIM.09230008 (2013) DAMPAK SOSIAL EKONOMI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK SOSIAL EKONOMI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK SOSIAL EKONOMI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Desa Dlingo merupakan desa yang secara religius beraneka ragam, secara ekonomi di dominasi sektor pertanian dan kerajinan kayu. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan masih lemah, tetapi dari sisi kekayaan alam terdapat potensi hidrologi (air bawah tanah) yang bisa dikembangkan. Kebutuhan air di desa ini bisa dipenuhi dengan syarat pengelolaan sumber daya yang ada dapat diakses secara maksimal. Masyarakat di Desa Dlingo sebagian besar bekerja di bidang pertanian dan kerajinan kayu. Pada tahun 2010 sampai tahun 2012 angka kemiskinan turun. Kemiskinan di Desa Dlingo pada tahun 2010 sebesar 1623 jiwa, dan pada tahun 2011 sebesar 1623 jiwa, sedangkan pada tahun 2012 angka kemiskinan sebesar 1411 jiwa. Perubahan kemiskinan yang relatif tetap seperti di Desa Dlingo lebih disebabkan oleh faktor alamiah. Mulai tahun 2007 Pemerintah Indonesia mencanangkan Program PNPM Mandiri Pedesaan. PNPM Mandiri Pedesaan adalah program untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan. Pendekatan PNPM Mandiri Pedesaan merupakan pengembangan dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK), yang selama ini dinilai berhasil. PNPM Mandiri Pedesaan pada tahun 2012 mengucurkan dana kepada Desa Dlingo sebesar Rp. 121.824.000,-. Berdasarkan hal tersebut, maka di bahas di dalam rumusan masalah yang meliputi bagaimana pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan di Desa Dlingo dan bagaimana dampak PNPM Mandiri Pedesaan terhadap sosial ekonomi masyarakat di Desa Dlingo. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan dasar penelitian survei dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode yang dilakukan untuk penelitian. Dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait PNPM Mandiri Pedesaan di Desa Dlingo. Program pemerintah terkait dengan PNPM Mandiri Pedesaan di Desa Dlingo, sudah mempunyai efektifitas program bagi masyarakat di Desa Dlingo. Misalnya, dalam hasil temuan saya di lapangan bahwa di salah satu dusun yaitu Dusun Kebosungu I ada seorang pelopor yang bisa membangun masyarakatnya untuk bekerja sebagai karyawannya di rumah produksi tas. Setelah mengikuti pelatihan menjahit yang difasilitasi oleh PNPM – MP seorang pelopor yang bernama Ibu Sukirwan memiliki inisiatif mengembangkan usaha rumah produksi tas, dan si pelopor bisa membantu masyarakat di Dusun Kebosungu I untuk bekerja sebagai karyawan pembuat tas tersebut. Dan sebagian besar dari masyarakat yang bekerja sebagai karyawan Ibu Sukirwan mengikuti pelatihan menjahit. Akan tetapi, keberhasilan PNPM – MP yang mampu memberikan inisiatif masyarakat di Dusun Kebosungu I tidak dibarengi di dusun-dusun lain. Kata Kunci: Dampak sosial dan ekonomi, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM - MP), Desa Dlingo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Harini, M.Si
Uncontrolled Keywords: Dampak sosial dan ekonomi, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM - MP), Desa Dlingo.
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 May 2014 07:36
Last Modified: 17 Nov 2015 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum