PENGEMBANGAN AGROWISATA SEBAGAI UPAYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANGUNAN KECAMATAN DLINGOKABUPATEN BANTUL

TRI SETYOWATI, NIM: 09230022 (2013) PENGEMBANGAN AGROWISATA SEBAGAI UPAYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANGUNAN KECAMATAN DLINGOKABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN AGROWISATA SEBAGAI UPAYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANGUNAN KECAMATAN DLINGOKABUPATEN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN AGROWISATA SEBAGAI UPAYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANGUNAN KECAMATAN DLINGOKABUPATEN BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Suatu realitas yang nampak jelas dalam proses pembangunan nasional di Indonesia selama ini ialah bahwa perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam upaya pembangunan selalu merefleksikan kebijakan politik yang digariskan dari atas oleh rezim penguasa. Kebijakan ini, yang kemudian dijabarkan dalam berbagai program pembangunan yang dicanangkan oleh orang-orang pemerintah tanpa mengundang partisipasi masyarakat, tak jarang justru lebih tertuju untuk kepentingan elit yang tengah berkuasa dari pada untuk kepentingan rakyat banyak. Karena itu, pembangunan tampak lebih sebagai proses politik, dan ekonomi, dari pada sebagai suatu proses sosial budaya yang mencerminkan keberdayaan masyarakat warga, khususnya yang bermukim di daerah pedesaan sering dibiarkan tertinggal di belakang, tersingkir sampai ke pinggir. Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu UPT dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul. Kebun Buah yang berlokasi di dusun Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.Kebun Buah Mangunan merupakan suatu tempat untuk mencari informasi, tempat pelatihan budidaya tanaman dan peternakan, pendidikan secara non formal Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang 1. Bagaimana upaya pemerintahan Kabupaten Bantul (Dinas Pertanian dan Kehutanan) dalam mengembangkan Agrowisata Kebun Buah Mangunan? 2. Apa implikasi sosial ekonomi dengan adanya Agrowisata Kebun Buah bagi masyarakat sekitar Mangunan? Sedangakan metode penelitian yang digunakan adalah Teknik Pemilihan Subjek dan Objek Penelitian, Teknik Pengumpulan Data (Observasi, Wawancara, Dokumentasi), Keabsahan Data, Analisis Data. Kesimpulan yang bisa di petik adalah Upaya yang diterapkan oleh pemerintah kabupaten (Dinas Pertanian dan Kehutanan) dan pihak pengelola yaitu, 1) Membuat percontohan penanganan dan pemanfaatan lahan marginal untuk budidaya Pertanian produktif. 2) Membuat percontohan integrated farming (Pertanian terpadu) dengan memadukan antara tanaman dan ternak. 3) Melakukan pengembangan agrowisata yang bersifat edukatif, memadukan antara wisata alam dengan pelatihan pertanian. 4) Memanfaatkan pupuk organik untuk menghasilkan hasil tanaman yang berkualitas baik. 5) membudidayakan pengembangan lingkungan dengan metode penanaman di polibek. Pembangunan Kebun Buah Mangunan berimplikasi positif terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitarnya salah satunya, terbukanya lapangan pekerjaan serta persepsi positif dari masyarakat sekitar terhadap pembangunan dan pengembangan pariwisata. Kata kunci: masyarakat, agrowisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: M. Fajrul Munawir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: masyarakat, agrowisata
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 May 2014 00:29
Last Modified: 02 Dec 2015 01:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

View Item View Item