DEPRESI PASCA ABORTUS (STUDI KASUS TERHADAP TIGA IBU ALUMNI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)

UMI SALAMAH, NIM. 05220032 (2013) DEPRESI PASCA ABORTUS (STUDI KASUS TERHADAP TIGA IBU ALUMNI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DEPRESI PASCA ABORTUS (STUDI KASUS TERHADAP TIGA IBU ALUMNI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (DEPRESI PASCA ABORTUS (STUDI KASUS TERHADAP TIGA IBU ALUMNI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB)

Abstract

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang kuat, mendalam dan bertahan lama yang menyerang tubuh juga pikiran. Depresi dapat dikatakan suatu perasaan sendu atau sedih yang biasanya disertai dengan perlambatnya gerak dan fungsi tubuh sampai perasaan tidak berdaya. Depresi dapat terjadi pada ibu yang telah mengalami keguguran (abortus spontaneous). Hal ini membawa dampak psikologis yang mendalam dan ditunjukkan dengan perasaan sedih, cemas, trauma, depresi hingga kecenderungan bunuh diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kondisi depresi dari ketiga ibu yang pernah mengalami abortus spontaneous pada awal kejadiannya, dan cara ketiga ibu tersebut mengatasi depresi yang dialaminya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yaitu menggambarkan realita yang ada di lapangan kemudian dianalisa menggunakan kata-kata. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode interview dan metode observasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah tiga ibu alumni Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang mengalami gangguan suasana hati ketika mengalami keguguran karena trauma kecelakaan sebab alami. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketiga subyek penelitin mengalami depresi ringan (minnor depresia) saat terjadi keguguran spontan (abortus spontaneous) yang pernah dialaminya. Hal ini tampak pada perasaan kecewa, serta krisis kepercayaan diri yang ditunjukkan ketiga subyek tersebut. Cara yang dilakukan ketiga subyek penelitian untuk mengatasi depresi yang dialaminya relatif sama yaitu dukungan dari keluarga khususnya, seperti memberikan motivasi dan dukungan pada ibu, ataupun dari teman dekat serta dari oter atau bidan yang menangani dengan menjelaskan penyebab dari keguguran disertai kendalanya untuk menerima kenyataan dengan ikhlas dan meyakinkan masih bisa diusahakan untuk kehamilan berikutnya. Kata kunci: Depresi, Abortus Spontaneous

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Depresi, Abortus Spontaneous
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 May 2014 07:30
Last Modified: 10 Nov 2015 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12618

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum