EFEKTIVITAS PROGRAM TAḤFĪẒ PADA KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI JATINOM KLATEN

RISTIN NAFSUL MUTMAINAH , NIM. 10410019 (2014) EFEKTIVITAS PROGRAM TAḤFĪẒ PADA KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI JATINOM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM TAḤFĪẒ PADA KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI JATINOM KLATEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM TAḤFĪẒ PADA KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NEGERI JATINOM KLATEN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kenyataannya pada pembelajaran Taḥfῑẓ tidak semua siswa di kelas unggulan mampu menghafal Al-Qur‟an dengan tempo yang cepat sesuai target dari madrasah. Mengingat kelas unggulan adalah kelas yang berisi siswa-siswi yang memiliki kecerdasan kognitif yang lebih dibanding kelas yang lain. Siswa yang ber IQ tinggi identik dengan motivasi yang tinggi. Namun ternyata masih ada siswa yang lemah motivasinya dalam menghafal. Berkaitan dengan pembelajaran Al-Qur‟an Hadits pada umumnya cenderung guru yang aktif, sehingga ketika siswa diberi tugas untuk menghafal Al-Qur‟an maka banyak siswa yang tidak langsung siap. Setelah adanya materi pengayaan Taḥfῑẓ ini guru merasa terbantu dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program Taḥfῑẓ pada kelas unggulan, bagaimana efektivitas program Taḥfῑẓ pada kelas unggulan, bagaimana dampak Taḥfῑẓ terhadap keberhasilan pembelajaran Al- Qur‟an Hadits, dan apa kendala dalam pelaksanaan program Taḥfῑẓ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Jatinom. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis desktiptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu semua data yang diperoleh kemudian dianalisa dalam bentuk uraian naratif menggunaan proses berfikir induktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program Taḥfῑẓ ini merupakan materi pengayaan dibidang agama pada kelas unggulan. Pelaksanaannya meliputi muroja‟ah, melanjutkan bacaan, mempersiapkan hafalan, dan menyerahkan hafalan. Metode yang digunakan adalah sistem tugas rumah, dan aspek yang dinilai yaitu meliputi tajwid, makhorijul huruf, kelancaran, dan lagu/irama hafalan.(2) Pelaksanaan program Taḥfῑẓ pada kelas unggulan di MTs Negeri Jatinom berjalan efektif, karena antara tujuan yang diharapkan sebanding dengan hasil yang diperoleh. Hal ini ditandai dengan perolehan hasil kemampuan siswa dari segi jumlah hafalan yaitu siswa mampu menghafalkan surat-surat pendek yang ada di juz‟Amma didapatkan hasil kategori sangat efektif ada 8 siswa atau 11%, kategori efektif ada 38 siswa atau 55%, kategori cukup efektif ada 23 siswa atau 33%, dan kategori kurang efektif ada 1 siswa atau 1%. Serta hasil kemampuan siswa dari segi hukum bacaan didapatkan hasil kategori sangat efektif ada 27 siswa atau 39%, dan kategori efektif ada adalah 43 siswa atau 61%. (3) Dampak program Taḥfῑẓ terhadap keberhasilan pembelajaran Al-Qur‟an Hadits menunjukkan dampak positif. Hal ini dibuktikan dengan 94% atau 66 siswa mendapat nilai di atas KKM.(4) Kendala yang dialami yaitu terbatasnya waktu dalam proses pembelajaran, terbatasnya guru pembimbing Taḥfῑẓ, dan juga terbatasnya dana untuk pengembangan program di kelas unggulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Taḥfῑẓ, dan pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 May 2014 15:38
Last Modified: 23 May 2014 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum