PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SAMBISARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN

YUNI HASNAHWATI - NIM. 03430358-02, (2008) PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SAMBISARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SAMBISARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN)
BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SAMBISARI PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang volume kubus dan balok kelas V SD Muhammadiyah sambisari Purwomartani Kalasan Sleman Tahun Pelajaran 2007/2008: (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam menggunakan alat peraga dalam pembelajaran bangun ruang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model menurut Suhardjono yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menganalisis data-data yang telah terkumpul secara deskriptif. Penelitian tindakan kelas telah terlaksana dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran menggunakan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena penggunaan alat peraga dan dunia nyata yang berada disekitar siswa membuat siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran, aktivitas dan sikap siswa selama pembelajaran menggunakan alat peraga mengalami peningkatan karena siswa menjadi aktif bertanya dan mengungkapkan pendapat, dan prestasi belajar siswa pada aspek kognitif setelah menggunakan alat peraga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 58.67 dan pada siklus II sebesar 63.84 sehingga peningkatannya sebesar 5.17 serta banyaknya siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 69.23%; (2) kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan alat peraga ini yaitu belum menguasai penggunaan alat peraga secara tepat serta terbatasnya distributor alat peraga sehingga sulit mencari alat peraga yang tepat. Namun, secara umum pembelajaran matematika menggunakan alat peraga berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Drs. H. Sedya Santosa S.S., M.Pd., Pembimbing II : Iwan Kuswidi, S.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, alat peraga, prestasi belajar.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2012 13:39
Last Modified: 14 Dec 2016 04:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item