EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA PQ4R MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

TOMMY SATRIO ULHAQ, NIM. 08600031 (2014) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA PQ4R MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA PQ4R MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA PQ4R MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan metode pembelajaran matematika PQ4R menggunakan mind map dibandingkan dengan metode konvensional terhadap hasil belajar dan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Adapun desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa metode pembelajaran PQ4R dan teknik mind map serta variabel terikat berupa hasil belajar dan berpikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 101 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling, diperoleh kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dengan ratarata nilai posttest hasil belajar kelas eksperimen 75,44 dan kelas kontrol 70,35, sedangkan rata-rata berpikir kreatif kelas eksperimen 48 dan kelas kontrol 41,88 . Uji t menunjukan bahwa posttest hasil belajar memiliki nilai sig.(1-taled) sebesar 0,0405< 0,05, sedangkan untuk berpikir kreatif pada uji t diperoleh nilai sig.(1- taled) sebesar 0,0125< 0,05. Artinya, rata-rata nilai hasil belajar dan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran PQ4R menggunakan mind map lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan metode konvensional terhadap hasil belajar dan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing:
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, PQ4R, mind map, hasil belajar, dan berpikir kreatif siswa. Pembimbing : Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Jun 2014 07:38
Last Modified: 27 Jan 2016 03:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item