KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL)

MUHAMMAD ZAAIRUL HAQ, NIM. 1120411035 (2013) KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fakta kekuasaan kyai di Pondok Pesantren Zahratul Jannah, Wates, Kulon progo, yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman secara luas tentang kekuasaan kyai dalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren secara luas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil obyek penelitian Pondok Pesantren Zahratul Jannah. pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk sumber data adalah kyai, gus, ustad, dan para santri Pondok Pesantren Zahratul Jannah. Dengan hal ini penulis menggunakan teknis analisis data dengan tahapan sebagai berikut; pengumpulan data, analisis data, dan pembahasan dengan menggunakan teori pertukaran sosial. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Zahratul Jannah secara umum telah menciptakan suatu hubungan pertukaran sosial-spiritual yang mempertimbangkan keuntungan-keuntungan spiritual dalam menjalankan hubungan. (2) Kekuasaan kyai Zahratul Jannah dapat menimbulkan kepatuhan yang berakibat pada hilangnya kebebasan dari orang-orang yang berada dalam kekuasaannya. Namun di lain sisi, kekuasaan yang dimilikinya tidak dapat dikatakan sebagai sesuatu yang bersifat profan, sebab kekuasaannya itu digunakan untuk mencapai kedudukan suci yang dapat disebut sebagai kedudukan surgawi. (3) Kyai Zahratul Jannah merupakan patron, yakni tempat bergantung para santri. Dalam konteks ini, santri yang tinggal di lingkungan pesantren mendasarkan diri pada penyerahan diri (taat) untuk memungkinkan dirinya me~adi anak santri sepenuhnya agar mendapatkan apa yang disebut barokah dari kyai. (4) Pemberian ijazah oleh kyai Zahratul Jannah kepada ustad merupakan proses pertukaran yang di dalamnya tergambar bentuk interaksi dalam struktur pertukaran. Kesempatan pertukaran memberikan peluang kepada kyai Zahratul Jannah untuk menginisiasikan pertukaran berupa sanad dan santri memberikan penghormatan. Ketika inisiasi terbalas, yang berarti ketika pemberian ijazah sanad terbalas dengan pemberian penghormatan oleh santri, maka secara tidak langsung telah te:tjadi serangkaian transaksi terus-menerus di antara kyai-santri. (5) Dalam lingkungan pesantren Zahratul Jannah terdapat transaksi pertukaran timbal-balik. Yang mana dalam transaksi ini terdapat kecenderungan kyai maupun santri Zahratul Jannah melakukan negosiasi pertukaran tanpa mengetahui apakah kyai atau santri akan memberikan balasan atau kapan balasan itu akan diberikan. Kata kunci: Teori Pertukaran Sosial, Pembelajaran Bahasa Arab, Kekuasaan Kyai

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Teori Pertukaran Sosial, Pembelajaran Bahasa Arab, Kekuasaan Kyai
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2014 07:52
Last Modified: 24 Apr 2015 16:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum