SOSIALISASI NILAI-NILAI AGAMA DI KALANGAN AKTIVIS DEWAN PENGURUS CABANG (DPC) PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) UMBULHARJO KOTAMADYA YOGYAKARTA

ABDURAHMAN PONTORORENG, NIM: 09540030 (2013) SOSIALISASI NILAI-NILAI AGAMA DI KALANGAN AKTIVIS DEWAN PENGURUS CABANG (DPC) PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) UMBULHARJO KOTAMADYA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SOSIALISASI NILAI-NILAI AGAMA DI KALANGAN AKTIVIS DEWAN PENGURUS CABANG (DPC) PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) UMBULHARJO KOTAMADYA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SOSIALISASI NILAI-NILAI AGAMA DI KALANGAN AKTIVIS DEWAN PENGURUS CABANG (DPC) PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) UMBULHARJO KOTAMADYA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang sosialisasi nilai-nilai agama atau penanaman nilai-nilai aguma di DPC PKS Umbulharjo Kotamadya Yogyakarta, terkait dengan sosialisasi nilai kejujuran dan nilai ukhuwwah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada aktivis DPC PKS Umbulharjo pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, sehingga selalu berada pada jalan yang benar dalam menata kehidupan partai dan masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat dinamika dan peristiwa yang sedang menghantui bangsa Indonesia dari berbagai macam persoalan misalnya korupsi, kolusi, nepotisme dan peristiwa-peristiwa yang lain seperti pembunuhan, pemerkosaan, penindasan, dan lain-lain. Berbagai peristiwa itu menunjukkan adanya krisis nilai di kalangan masyarakat Indonesia, oleh karena itu diperlukarlupaya-wpeya untuk sosialisasi nilai atau penanaman nilai-nilai luhur di tengah masyarakat. Terkait dengan hal tersebut, ftNanya perlu untuk meneliti konsep dan cara yang dilakukan oleh aktivis DPC PKS Umbulharjo dalam mensosialisasikan nilai-nilai agama. Jenis penelitian ini adalatr penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang DPC PKS Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data yang penulis lakukan selama penelitian ini dengan cara observasi, wawancara" dan dokumentasi terkait dengan sosialisasi nilai-nilai agalraa oleh Aktivis DPC PKS Umbulharjo Kotamadya Yogyakarta. Konsep sosialisasi nilai atau pendidikan nilai menurut pengwus DPC PKS Umbulharjo yang dibentuk dalam pendekatantarbiyahmerupakan sarana dan cita-cita atau keinginan yang harus diperjuangkan untuk menciptakan tatanan sosial yang lebih baik di kalangan masyarakat, dengan upaya rnendorong kader PKS atau simpatisan PKS dalam melaksanakan kewajibannya serta menata kehidupan sosial yang adil dan sejahtera yang dilandasi dengan nilai kejujuran dan nilai ukhuwwah. Sedangkan cara sosialisasi nilai-nilai aga$ayang dilakukan oleh DPC PKS Umbulharjo tentang nilai kejujuran dan nilai ukhuwwah adalah dengan cara mengadakan liqo, mabit, daurah, dhlalL serta pengajian-pengajian d^ur laia sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan dalam penaftlman nilai-nilai agama adanya keteladanan seoftulg murabbi terhadap anak didiknya, sebab keteladanan merupakan cara yang paling baik dalam menerapkan nilai kejujuran dan nilai ukhuwwah. Kelebihan, dengan adanya sosialisasi nilai berupatmbiyah dapatmenrbantu aktivis DPC PKS Umbullrarjo dalam mendidik anak didiknya tentang pentingnya nilai-nilai agama. Kekurangan, minirnnya tingkat pemahaman anak didik tentang pentingnya nilai-nilai agamq sehingga kegiatan-kegiatan seperti liqo, mabit, dan lain-lain jarang untuk dihadiri oleh kader dan sinnpatisan PKS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Muhammad Amin Lc., MA
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2014 15:16
Last Modified: 21 May 2015 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum