TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD HIPNOTERAPI DI KLINIK KONSELING DAN PSIKOTERAPI PPT METAMORFOSA YOGYAKARTA

YUSRON WIJAYA, NIM. 09380094 (2013) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD HIPNOTERAPI DI KLINIK KONSELING DAN PSIKOTERAPI PPT METAMORFOSA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD HIPNOTERAPI DI KLINIK KONSELING DAN PSIKOTERAPI PPT METAMORFOSA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD HIPNOTERAPI DI KLINIK KONSELING DAN PSIKOTERAPI PPT METAMORFOSA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (19MB)

Abstract

Hukum Islam pada dasarnya merupakan hukum universal yang dapat diterapkan tanpa terkekang masa. Hukum Islam mampu menyikapi setiap perubahan yang terjadi, baik dalam masalah sosial ekonomi, budaya dan politik. Elastisitas hukum Islam memberikan jawaban pada setiap fenomena yang muncul sehingga hukum Islam akan selalu relevan untuk diterapkan kapan dan dimana saja dan tidak diragukan lagi bahwa hukum Islam bersifat abadi. Belakangan ini banyak terdapat pengobatan alternatif yang biasa disebut dengan hipnoterapi. Hipnoterapi sendiri merupakan metode pengobatan dengan menggunakan pola-pola hipnosis. Hipnoterapi dalam perkembangannya pun terus mengalami modifikasi dari para praktisinya, karena setiap hipnoterapis memiliki value yang menjadikan ciri khas tersendiri. Terlebih, kegiatan itu menjadi lahan bisnis bagi para penggiatnya. Keanekaragaman prosedur pun terdapat perbedaan antara klinik yang satu (termasuk juga praktisi hipnoterapi) dengan lainnya. Tinjauan hukum Islam terhadap akad hipnoterapi bertujuan mencari tahu kebenaran tentang praktek hipnoterapi, khususnya yang terdapat di Klinik Konseling dan Psikoterapi PPT Metamorfosa Yogyakarta. Dalam penelitian ini, yang dijadikan informan yaitu hipnoterapis dan klien yang pernah menjalani hipnoterapi. Data-data serta informasi yang didapat, kemudian dianalisis dengan mengaitkannya pada hukum Islam. Dengan demikian, penerapan akad dalam hipnoterapi di Klinik Konseling dan Psikoterapi PPT Metamorfosa Yogyakarta tidak melanggar prinsip-prinsip syariah. Hal tersebut dikarenakan akad yang terjadi dalam hipnoterapi terpenuhi dengan baik. Selain itu, tidak ada unsur paksaan sedikit pun, karena hipnoterapi yang mereka jalani buhh keadaan sukarela dari klien untuk mempermudah proses hipnoterapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Abdul Mujib, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Akad hipnoterapi
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2014 01:30
Last Modified: 07 Aug 2018 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12681

Actions (login required)

View Item View Item