PERLINDUNGAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B, SLEMAN, YOGYAKARTA

MUHAMMAD FUADI AZIZI , NIM. 10340046 (2014) PERLINDUNGAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B, SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B, SLEMAN, YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan bagi anak didik pemasyarakatan merupakan hak yang tidak dapat ditawar–tawar lagi pemenuhannya. Legitimasi konstitusional terdapat pada Pasal 31 UUD 1945 yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan pengajaran. Lembaga pemasyarakatan sebagai wadah pembinaan narapidana, wajib melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran bagi anak didik pemasyarakatan sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Dari Undang-undang Pemasyarakatan lahir Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan dan dilengkapi dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur pemenuhan hak pendidikan bagi anak didik pemasyarakatan secara terperinci. Lembaga pemasyarakatan kelas II B, Sleman, Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pemasyarakatan umum yang menampung narapidana berstatus anak. Dengan jumlah anak didik pemasyarakatan yang berjumlah 6 dari 282 narapidana keseluruhan membuat penyusun tertarik untuk melakukan penelitian tentang perlindungan hak atas pendidikan bagi anak didik pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan kelas II B, Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian yang penyusun gunakan adalah metode penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini, penyusun memperoleh data dari wawancara dan observasi serta penelusuran dokumen-dokumen dan arsip-arsip yang ada di lembaga pemasyarakatan kelas II B, Sleman, Yogyakarta. Permasalahan ini menggunakan pendekatan Yuridis Empiris yaitu dengan melihat pemenuhan dan perlindungan hak atas pendidikan bagi anak didik pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan kelas II B, Sleman, Yogyakarta disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang mengaturnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa lembaga pemasyarakatan kelas II B, Sleman, Yogyakarta belum memberikan perlindungan secara optimal atas pendidikan terhadap anak didik pemasyarakatan yang dibina. Hak-hak yang terpenuhi adalah hak memperoleh surat tanda tamat belajar dan hak memperoleh pendidikan sesuai agama yang dianutnya. Hak-hak yang belum terpenuhi adalah hak memperoleh pendidikan sesuai kurikulum sederajat, hak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai minat dan bakatnya, hak mendapatkan beasiswa dan hak menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masingmasing. Hak ini tidak terpenuhi karena lembaga pemasyarakatan tidak menyediakan akses untuk menempuh pendidikan formal. Sedangkan hak-hak yang telah terpenuhi namun masih banyak kekurangan adalah hak memperoleh pendidikan dan pengajaran, hak memperoleh kesempatan seluas-luasnya untuk belajar dan hak mengakses sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan anak untuk belajar. Perlindungan atas pendidikan yang kurang optimal juga tidak lepas dari status lembaga pemasyarakatan kelas II B merupakan lembaga pemasyarakatan umum yang peruntukkannya hanya untuk narapidana dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Lindra Darnela, S.Ag., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jun 2014 11:13
Last Modified: 16 Aug 2016 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum